[Video] Fakta Unik Negara China

jonygoblog.blogspot.com - Budaya China memang memiliki banyak keunikan. Keunikan budaya China telah dikenal dari ratusan abad dulu dan ramai dibicarakan dunia internasional. Budaya China tersebut dgn keunikannya tetap dipertahankan hingga sekarang.

Keunikan budaya tersebut, banyak yg kini diwariskan dlm keseharian warga China.

Mulai dari hal kecil hingga hal-hal yg tak terduga sama sekali. Sebagai contohnya yaitu budaya makan dan minum, pernikahan serta hal yg tak mungkin Anda pikirkan sebelumnya.
Fakta Unik Negara China
Tembok Besar China, salah satu keajaiban dunia.

Di China, Anda bisa meminta orang lain untk menggantikan Anda masuk ke penjara - tanpa peduli berapa pun uang yg Anda miliki, tapi praktek ni terutama dilakukan oleh - tentu saja - orang-orang elit di negara tersebut. Polusi udara di China adlh hal yg biasa, meskipun merusak paru-paru penduduknya. Untungnya, pemerintah China sudah mengambil beberapa langkah untk mengatasinya, tapi berjalan sangat lamban.

Tahukah Anda bahwa anjing dari ras chow, pug, peking, dan shih tzu berasal dari China? Ironisnya, orang China jg memakan daging anjing meskipun saat ni sudah ada campur tangan dari para aktivis. Anjing jg menjadi status simbol di China, sama halnya seperti mobil.

Orang-orang China takut kulit mereka berubah menjadi gelap, karena bagi mereka kecantikan itu berasal dari kulit yg putih. Orang-orang China yg kaya bekerja di dlm rumah, dan kulit yg berwarna hanyalah milik pekerja kasar. Para wanita China pun sekarang menggunakan masker wajah yg bernama Facekinis ketika pergi ke pantai demi menjaga warna kulit pucatnya yg cantik.

Pengobatan ala China bukan hanya akupunktur, tapi jg cara lain yg terbilang lebih kejam, seperti pengobatan dgn menggunakan api dan penyiksaan terhadap hewan. Mereka tak ragu untk membunuh binatang apapun secara kejam demi mendapatkan “obat” dari hewan tersebut, seperti tanduk badak, misalnya yg dipercaya dpt menyembuhkan demam.

Sebenarnya alkohol tak asing bagi penduduk China sejak jaman dahulu kala, tapi sempat tertekan dlm pemerintahan komunis. Saat ni minuman beralkohol buatan China sudah dijual di negara-negara barat, meskipun rasanya mirip cairan pengencer cat. Bir di China sangat mahal, yaitu sekitar $46 sekaleng.

Adalah hal yg biasa jika wanita yg masih hidup dinikahkan dgn pria yg sudah mati, / disebut jg “pernikahan hantu”. Wanita ni dipaksa untk hidup bersama keluarga “suaminya” dan terus melajang hingga kematian menjemput, lalu tubuhnya dikubur bersama lelaki asing yg tak pernah dikenalnya itu. Ini adlh cara keluarga pria untk memberikan teman hidup kepada sang mayat. Tak heran pencurian mayat pun menjadi marak, dan harga sebuah mayat perempuan tak kurang dari $50,000.

Di Zhejiang, sebuah propinsi di China, banyak dijual “telur urin” di jalan dgn harga $0.25 sebutir. Telur ni direbus dgn air kencing anak-anak laki yg berusia di bawah sepuluh tahun, karena kabarnya dpt mendinginkan suhu badan, menghilangkan linu pd sendiri, dan melancarkan peredaran darah. Bukan hanya telurnya yg dimakan, tapi air rebusan urin itu jg bisa diminum
Ada tiga kali lebih banyak orang dihukum mati di China dibandingkan di negara-negara lain dijadikan satu, demikian perkiraan minimal yg terbaru oleh pihak Amnesty Internasional. Badan ni di tahun 2008 mengkonfirmasi sebanyak 1.718 hukuman mati dari laporan berita dan catatan publik, tapi banyak lagi yg tak dilaporkan. Beberapa analis mengatakan angkanya mungkin di atas 6.000. Jumlah sebenarnya dirahasiakan negara.
Eksekusinya banyak yg dilaksanakan di jalanan di dlm mobil gerbong yg dijuluki van maut hasil rancangan Jinguan Motors. Mereka menyatakan eksekusi dgn van dan suntikan lebih beradab dibandingkan ditembak mati, lagipula si terhukum mati lebih cepat, lebih secara klinik dan lebih aman. Menurut mereka digantinya hukuman tembak dgn suntikan mati menandakan China sekarang “mempromosikan” hak asasi manusia.
Skala dan langkah urbanisasi China akan terus berlanjut dgn kecepatan yg belum pernah terjadi sebelumnya. Bila kecendrungan seperti sekarang tetap bertahan, penduduk perkotaan China akan membengkak dari 572 juta di tahun 2005 menjadi 926 juta di tahun 2025 dan bakal mencapai angka 1 miliar di tahun 2030. Jadi dlm jangka waktu 20 tahun penduduk kota-kota China akan bertambah sebanyak 350 juta lebih banyak dari seluruh penduduk AS hari ini.

Menjelang tahun 2025 China akan memiliki 219 kota yg berpenghuni diatas 1 juta. Juga akan dibangun 40 miliar m3 lantai ruang di 5 juta bangunan. 50.000 dari bangunan tersebut merupakan gedung pencakar langit - sama dgn 10 kota sebesar New York.
Sumber: /search?q=fakta%20unik%20tentang%20negara%20china

source : http://youtube.com, http://log.viva.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini