Indonesia Menjadi Tuan Rumah Olimpiade Biologi SMA Internasional 2014

Indonesia menjadi tuan rumah The 25th International Biology Indonesia Tuan Rumah Olimpiade Biologi Internasional. Monday, Valentino Sudaryo (SMA Tunas Indonesia menjadi tuan rumah olimpiade biologi SMA internasional 2014 - Untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade Biologi Internasioanal tingkat 1 Juli 2014 ---Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan olimpiade biologi internasional atau tuan rumah, Indonesia pun diberi
Indonesia Menjadi Tuan Rumah Olimpiade Biologi SMA Internasional 2014
image: ibo2014.org

Indonesia menjadi tuan rumah olimpiade biologi SMA internasional 2014 - Untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade Biologi Internasioanal tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), Olimpiade ini merupakan yang ke-25 dan akan diselenggarakan di Indonesia tepatnya di Pulau Bali pada 5-13 Juli 2014. Olimpiade ini akan diikuti oleh 65 negara, dengan jumlah 250 peserta, masing-masing negera diwakili oleh 4 siswa terbaik mereka, termasuk Indonesia yang juga dipercaya sebagai tuan rumah.

Berikut adalah 4 siswa yang dipercaya untuk mewakili Indonesia pada Olimpiade Biologi yang berasal dari 4 sekolah berbeda di Indonesia, diantaranya adalah:
  1. Kelvin Suriyaputra (SMAK 2 BPK Penabur)
  2. Valentino Sudaryo (SMA Tunas Bangsa Pontianak)
  3. Hana Fauzyyah Hanifin (SMA Semesta Semarang)
  4. Samuel Henry Kurniawan (SMAK BPK Penabur Gading Serpong)
Sementara itu, Gubernur Bali, Made Mangku Pastika pada kesempatan ini sangat mengapresiasi pelaksanaan International Biology Olympiad (IBO) yang akan dilaksanakan di Bali. Dia berharap kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini, mampu menjadikan putra putri unggul yang bermutu dalam bidang ilmu pengetahuan alam, khususnya yang menyangkut tentang keilmuan biologi. "Khususnya para pelajar Bali, supaya bisa dan mampu bersaing di forum-forum Internasional," ujarnya.
Sedangkan Panitia Pelaksana International Biology Olimpiad (IBO) 2014 juga mengucapkan sambutan dan harapan kepada seluruh peserta dari berbagai negara, mengutip dari situs resmi IBO2014.org, sambutannya adalah sebagi berikut:
"From the island of God, Bali, we are glad to welcome all friends, guests, and participants of the 25th International Biology Olympiad (IBO). As you have noticed, 2014 is a significant year in the history of IBO as it is the 25th anniversary of the competition. Therefore, during an intense week of 5-13 July, we will make this event not just an ordinary event, but also a moment to remember.
IBO 2014 is organized by a great team, consisting of professors and support staffs from School of Life Sciences and Technology, Institut Teknologi Bandung, as well as other academic members from other Universities in Indonesia. This event is fully supported by the Ministry of Education and Culture, Republic of Indonesia in terms of administrative as well as financial grant.
Bali is one of the world's most exotic destinations. Wonderful Bali never fails to warm the heart of visitors. As soon as you step off the plane, the island's breathtaking scenery, aromatic smells, marvelous trinkets, interesting people and cultures directly welcome you. These make Bali an ideal place for meeting and with great pleasure Bali is proud to host the 25th IBO.
During the IBO week, students will be staying at Aston Denpasar, while jury members will be staying at Ayodya Resort in Nusa Dua.
We're looking forward to see you in Bali, and have fun!"
Sebelumnya, Menteri pendidikan dan kebudayaan Indonesia, Muhammad Nuh, telah melepas 35 siswa terbaik Indonesia yang dipilih melalui seleksi panjang untuk mengikuti berbagai Olimpiade Internasional seperti Olimpiade Matematika, Komputer, Astronomi, Kebumian, Fisika, Kimia, Seni dan salah satunya adalah Olimpiade Biologi yang diselenggarakan di Bali.
Nuh menjelaskan, proses seleksi dimulai dari rekomendasi siswa terbaik dari sekolah untuk masing-masing bidang ilmu. Kemudian perwakilan sekolah diseleksi di tingkat Kabupaten/Kota. Siswa dengan peringkat tiga teratas akan melanjutkan seleksi di tingkat provinsi dan tiga teratas di tingkat akan diseleksi kembali di tingkat Nasional. "setelah masuh tingkat nasional, maka akan diambil 3-5 teratas untuk menjadi kontingen olimpiade,"
Nuh berpesan bahwa para siswa berprestasi yang mewakili Indonesia juga punya peran sebagai diplomat yang akan mengenalkan Indonesia di kancah dunia. "Negara sangat berterima kasih kepada adik-adik atas diplomasi adik-adik. Medali yang didapat adalah kebanggaan untuk Indonesia. Pemerintah menjanjikan mengurus semua kebutuhan kalian di olimpiade ini," kata Nuh.
Berikut adalah 35 siswa berprestasi yang akan mewakili Indonesia:
Olimpiade Matematika Internasional di Cape Town, Afrika Selatan. 3-13 Juli 2014.
  1. Jonathan Mulyawan Woenardi (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta)
  2. Reza Bagus Bayu (SMA Semesta Semarang)
  3. Reza Wahyu Kumra (SMAN Sragen Brebes)
  4. Fransisca Susan (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta)
  5. Herbert Ilham Tanujaya (SMA Laurensia Serpong)
  6. Kevin Christian Wibisono (SMAK Ipeka Puri Indah Jakarta)
Olimpiade Komputer Internasional di Taipei, Taiwan. 13-20 Juli 2014
  1. M. Rais Fathin (SMAN 1 Bogor)
  2. Stefano Chiesa (SMAK 3 BPK Penabur Jakarta)
  3. Alfonso Raditya (SMA Kanisius Jakarta)
  4. Zamil Majdy (SMA Semesta Semarang)
Olimpiade Fisika Internasional di Astana, Kazakhstan. 13-22 Juli 2014
  1. Dheo Arokim (SMAN Sragen Bilingual Boarding School)
  2. Drestanto Muhammad Dyasputro (SMAN 28 Jakarta)
  3. Fransiskus Yoga Esa Wibowo (SMAN 1 Yogyakarta)
  4. Josephine Moniqa (SMAK Penabur Gading Serpong)
  5. Muhammad Rizki Hasab (SMAN Plus Pekanbaru)
Olimpiade Kimia Internasional di Hanoi, Vietnam. 20-29 Juli 2014
  1. Putu Ivan Budi (SMAN 4 Denpasar)
  2. James Surya (SMAK 1 Penabur Jakarta)
  3. Wibie Christianto (SMAK BPK Penabur Gading Serpong)
  4. Abu Bakar Abdul Hamid (SMAN Sragen Bilingual Boarding School)
Olimpiade Astronomi Internasional di Suceava, Rumania. 1-10 Agustus 2014
  1. Joandy Leonata Pratama (SMA Hutomo 1 Medan)
  2. Athaariq Ramadino (SMA Unggulan MH Thamrin Jakarta)
  3. Rizky Aulia (SMAN Plus Riau)
  4. Marcelina Viana (SMA Santa Ursula)
  5. Kusuma Yani Pramanto (SMAN 4 Berau Kalimantan Timur)
  6. M. Faqih (SMAN 2 Kudus)
  7. M. Faisal (SMAN 3 Malang)
Olimpiade Kebumian Internasional di Krakow, Polandia. 12-23 Agustus 2014
  1. M. Ikhsan Ananta (SMAN 2 Tangerang Selatan)
  2. Aditya Pradana (SMA Muhammadiyah Wonosobo)
  3. Uyun Charisa (MAN Insan Cendekia Serpong)
  4. Asri Hidayanti Giastuti (SMAN 1 Bogor)
Olimpiade Seni Internasional di Tokyo, Jepang. 3-7 Juli 2014
  1. Angger Putri (SMAN 1 Rembang)
Kita do'akan semoga mereka sukses meraih medali emas dan membawa harum nama Indonesia di kancah internasional, dan mampu mengibarkan bendera merah putih di hadapan orang luar negeri. Dan yang perlu diketahui, selama Indonesia mengikuti olimpiade-olimpiade, Indonesia selalu berhasil membawa pulang medali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini