Apa Saja yang Harus di Ketahui Ibu Hamil Saat Trimester Pertama, Kedua, & Ketiga - Tips Sukses


Apa Saja Yang Harus di Ketahui Ibu Hamil saat Trimester Pertama, Kedua, dan Ketiga
Hamil, terutama bagi kebanyakan calon ibu baru, merupakan masa-masa yg sangat menyenangkan karena seorang perempuan diberi anugerah keturunan. Tapi bagi calon ibu baru, terkadang hal ni jg merupakan saat yg mengkhawatirkan, maklum anak pertama, belum punya pengalaman hamil dan melahirkan. Proses kehamilan biasanya berlangsung hingga 40 minggu. Dalam kurun waktu itu masa paling penting adlh Trimester Pertama yakni mulai satu hingga 13 minggu. Lalu disusul Trimester kedua, selanjutnya Trimester Ketiga.

Dalam Perkembangannya, banyak wanita hamil yg tak memperhatikan hal tersebut. Padahal jika dicermati dgn baik, memantau perkembangan janin selama kehamilan dpt jg membantu pertumbuhan dan perkembangan anak (baca: Perkembangan Janin). sehingga langkah-langkah yg harus dilakukan hari demi hari, minggu demi minggu, gingga bulan ke bulan sangat jelas. Berikut jonygoblog.blogspot.com paparkan apa yg harus diketahui Ibu hamil Tiap Trimester:
Apa Saja yang Harus di Ketahui Ibu Hamil Saat Trimester Pertama, Kedua, & Ketiga
Pengetahuan Ibu Hamil Periode Trimester Pertama

Pada trimester pertama ni janin mulai berkembang. Selama 60 hari pertama, kebanyakan organ bayi terbentuk. Di tahap ni bayi yg belum lahir itu sangat sensitif terhadap unsur-unsur kimia di sekitarnya, obat-obatan dan virus yg akhirnya akan mengakibatkan masalah dlm kelahirannya. Oleh karena hendaknya Anda hati-hati jika akan mengkonsumsi obat-obatan. Sebaiknya Anda menghubungi dokter / bidan berkonsultasi jika merasa tak enak badan.

Ukuran bayi/janin biasanya sekira 3 inci dan beratnya sekitar 1 ons hingga akhir trimester pertama. Suatu hal yg wajar jika kepalanya kelihatan agak tak proporsional dgn badannya yg kecil. Ketika Anda mengetahui bahwa diri Anda hamil, segeralah mengunjungi bidan / dokter sehingga mereka bisa memberikan nasihat dan vitamin yg diperlukan oleh Ibu. Jangan lupa untk meminum teratur vitamin yg diberikan dokter anda.

Mungkin beberapa perkembangan di bawah ni perlu Anda ketahui, betapa perkembangan si kecil begitu pesat di dlm Rahim ibunya.

Pada minggu ke-7, biasanya kita bisa melihat perkembangan janin dlm rahim dan mendeteksi detak jantungnya melalui ultrasonografi (USG).
Minggu ke-8, wajah dan roman muka bayi akan terbentuk.
Sel tulang pertamanya pun tumbuh.
Jari tangan dan kakinya pun tumbuh, diikuti dgn kuku pertamanya.
Demikian jg dgn hatinya yg sudah mampu membuat empedu, ginjal mulai mengeluarkan urin ke kandung kemih.
Sirkulasi dan sistem pernapasan mulai berfungsi.
Janin jg mulai bergerak meskipun sang ibu belum merasakannya sampai nanti pd usia empat bulan.

Beberapa hal yg diajurkan oleh Ibu Hamil Saat Trimester Pertama

Minumlah air sedikitnya delapan gelas per hari, makan dlm porsi kecil, tapi yg memiliki kandungan protein tinggi, besi dan kalsium. Jika Anda mengalami masa tak enak, misalnya muntah saat hamil, cobalah untk menjadwal makan Yang sekiranya enak dimakan. Boleh jg mengkonsumsi makanan ringan yg sehat, tapi perhatikan makanan itu jangan sampai menghalangi jadwal makan Anda.

Hal yg jg penting, cukuplah beristirahat. Olah raga masih boleh dilakukan, 20 rnenit berjalan kaki bagi wanita hamil tampaknya cukup untk menyehatkan jantung. Anda jg bisa berenang dan bersepeda sekira 15 menit tiga kali seminggu. Setelah kehamilan membesar, Anda bisa mengikuti senam untk wanita hamil.

Akan tetapi, Anda jg hendaknya berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol, merokok, / Obat penenang. Kurangi mengonsumsi kafein kopi, teh, dll (baca: Bahaya kopi bagi ibu hamil). Boleh mengonsumsi obat hanya dgn izin dokter.

Saat payudara Anda membesar, pilih bra khusus untk Wanita hamil dan menyusui. Ada baiknya memilih bra satu nomor di atas yg Anda kenakan sekarang karena payudara akan terus membesar hingga Anda menyusui kelak.

Jika Anda masih merasa waswas dgn kehamilan itu, ada baiknya untk membuat catatan tentang perasaan Anda tersebut lalu sering-sering berkomunikasi dgn sesama wanita hamil yg usia kehamilannya seumur dgn kehamilan Anda. Ajaklah suami Anda berbicara seputar kehamilan yg sedang terjadi. Saat ni banyak buku / majalah yg membahas tentang kehamilan dan itu akan berguna untk Anda.

Saat hamil adlh Saat yg indah. Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda berfoto tiap bulan. Mungkin membayangkan masa kecil Anda merupakan sesuatu yg bisa berguna untk menentukan apa yg kelak Anda inginkan dan yg tak diharapkan Saat mendidik si buah hati kelak.

Pengetahuan Ibu Hamil Periode Trimester Kedua

Pada trimester kedua (berlangsung sekira 14 hingga 26 minggu), organ-organnya mulai matur. Nah, biasanya pd trimester dua ni perut ibu hamil akan mulai melar. Dengan demikian, banyak wanita yg mulai menggunakan busana yg agak longgar saat itu.

Dalam rahim, lapisan berisi cairan amniotik mulai melindungi sang janin yg sedang berkembang. Di masa ni ada beberapa hal yg jg berkembang, tentu saja ukuran badannya pun tumbuh. Alat kelaminnya akan terbentuk sempurna pd minggu ke-14. Dan saat ini, USG dpt mendeteksi jenis kelamin sang bayi. Pada minggu ke-12 hingga 14, denyut jantung dpt didengarkan melalui statoskop. Pendengarannya akan berfungsi saat ia memasuki usia 24 minggu sehingga ia bisa memberikan respons pd suara di luar. la akan mendengar suara ibunya dan suara itu akan dikenalinya saat ia dilahirkan. Di masa ni ada baiknya Anda sering-sering membaca Alquran / memperdengarkan lagu-lagu klasik.

Mulai umur 16 minggu, bayi sensitif terhadap cahaya dan pd memasuki 28 minggu bayi dpt membuka matanya dan menggerakkan kepalanya.

Beberapa hal yg penting diketahui dan dilakukan:

1. Pada masa ni biasanya mabuk, ngidam (morning sick) tak akan terasa lagi, Anda pun akan makan dgn enak. Oleh karena itu, inilah saat Anda harus makan cukup protein, kalsium, dan zat besi. Olah raga teratur dan lakukan Kegel execises untk menguatkan otot sekitar panggul. Senam hamil pun perlu. lngat-ingat kapan Anda harus memeriksakan kandungan ke bidan / dokter dan tanyakan apa pun yg ingin Anda ketahui mengenai kehamilan. Lebih baik cerewet ketimbang diam, tetapi tak tahu apa-apa.

2 Jika Anda bekerja, pastikan Anda tahu balbagaimana kebijakan kantor Anda mengenai penggantian biaya kesehatan serta melahirkan, jg Anda semestinya rnengetahui kapan Anda harus mneninggalkan si kecil dan rencanakan dgn baik tentang perawatan untuknya sehingga kalaupun Anda bekerja si kecil terjamin segala sesuatu yg dibutuhkannya. Perhitungkan kapan Anda harus menyusui / memompa ASI untk bayi.

3. Putuskan di mana bayi Anda akan tidur, mulailah membersihkan tempat tersebut. Jika perlu renovasi, segeralah lakukan sebelum lahirnya si buah hati.

4. Siapkan perlengkapan dan pakaian jabang bayi, tentu yg nyaman untuknya. Biasanya di toko-toko yg menyediakan peralatan bayi akan memberikan daftar yg bisa dibeli untk keperluan bayi.

Pengetahuan Ibu Hamil Periode Trimester Ketiga
Memasuki trimester ketiga (27 hingga 40 minggu), bayi dlm rahim terus berkembang. Pada bulan kesembilan bayi biasanya tetap dlm posisi tertentu dgn kepala di bawah serta tangan dan kakinya menekuk di dada. Pada minggu ke-28, mata bayi akan terbuka dan jika ia lahir pd waktu tersebut ia akan mampu menggerakkan bibirnya dan sudah bisa menangis meskipun lemah. Meskipun belum bulannya dan ia lahir prematur, 90 persen di antara mereka bisa bertahan hidup.

Pada trimester tiga, tetaplah menjaga pola makan, sedikit-sedikit dan makanan sehat, jg minum banyak-banyak, istirahatlah yg cukup, jalan santailah tiap hari, teruskan latihan Jika Anda menemukan tanda-tanda tak lazim, seperti bercak darah keluar dari vagina, pembengkakan di kaki dan pipi, rasa sakit yg hebat di perut, sebaiknya segera hubungi dokter karena hal itu bisa jadi tanda berbahaya bagi kehamilan maupun diri Anda.

Selain itu, bila Anda sudah memiliki anak, sebaiknya ajak kakak si jabang bayi berkomunikasi tentang adiknya dan pastikan dia tahu Anda sayang kepada dia dan calon adiknya. Pada terimester tiga ini, sebaiknya persiapkan baju-baju yg akan Anda bawa ke rumah sakit saat melahirkan. Kehamilan bukan berarti menghalangi Anda melakukan kegiatan yg menyenangkan, seperti nonton film di bioskop / pergi ke salon untk merawat diri. Jalan-jalanlah bersama teman.

other source : http://viva.co.id, http://arwini.com, http://reddit.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini