[Mie] Spaghetti Casserole: Kenyang! Lezat! Puas

Spaghetti Casserole: Kenyang! Lezat! Puas
jonygoblog.blogspot.com - Ditengah kesibukan dan pontang-pantingnya saya memenuhi semua resep menu di buku yg bulan ni harus kelar, saya tetap berusaha untk konsisten melakukan posting di JTT yg walau akhir-akhir ni terasa berat untk diwujudkan. Proses membuat buku yg tadinya saya anggap enteng karena semua foto akan diambil dari JTT berubah menjadi masalah besar tatkala semua size gambar ternyata tak cukup besar resolusinya dan menjadi pecah kala di cetak menjadi ukuran yg lebih besar. Tatkala Mba Lidya, salah satu perwakilan dari penerbit mengabarkannya ke saya dgn nada bercampur panik, "Mba, ada size gambar yg lebih besar? Semua gambar pecah ketika dicetak"! Saya sudah tahu untk menyelesaikan buku ni memerlukan perjuangan yg tak mudah saudara-saudara dan itu melibatkan waktu, energi, sabun cuci piring dan telapak tangan yg mendadak menjadi semakin terasa kasar karena harus mencuci berpuluh-puluh perabotan. Walau hanya lima puluh resep terfavorit JTT yg akan ditampilkan di buku tapi jika kelima puluh itu harus saya masak dlm waktu dua minggu di sela-sela waktu yg terbatas rasanya luar biasa gempor juga. Tobat! ^_^
Spaghetti Casserole: Kenyang! Lezat! PuasSpaghetti Casserole: Kenyang! Lezat! Puas
Tidak ada yg lebih membosankan ketika mencoba suatu resep yg sudah pernah dicoba sebelumnya! Mana tantangannya? Berulang kali saya berusaha menumpas rasa bosan itu tiap kali mengulang resep yg pernah saya buat dan semua ni demi buku perdana. Tapi tadi malam saya menyerah juga, dimulai dari banyaknya parutan keju yg saya temukan di kulkas, jamur serta kacang polong sisa membuat fu yung hai, akhirnya saya pun mewujudkan satu resep yg sudah sangat lama ingin saya buat yaitu spaghetti casserole. Saya memiliki sebungkus spaghetti yg sudah sangat lama nangkring di dlm laci dapur, kali ni dgn sedikit kreatifitas pasta tersebut akan saya permak sebelum masa kedaluarsanya tiba.
Bagi anda yg bertanya-tanya makanan apakah casserole itu maka ulasan yg saya cuplik dari Wikipedia berikut ni mungkin bisa sedikit membantu. Kata casserole berasal dari bahasa Prancis yg artinya 'saucepan' yg mengacu pd pan / alat berukuran besar dimana alat tersebut jg berfungsi sebagai tempat untk memanggang sekaligus menghidangkan makanan. Kata casserole jg digunakan untk menyebut hidangan yg dipanggang dlm wadah tersebut dan disajikan langsung bersama wadahnya (wadah casserole biasa disebut dengancasserole pan atau casserole dish). Dalam istilah British-English, makanan ni jg disebut 'a bake' / 'panggang' mengacu pd teknik memasak yg dilakukan.

Spaghetti Casserole: Kenyang! Lezat! PuasSpaghetti Casserole: Kenyang! Lezat! Puas
Di Inggris, Australia dan Selandia Baru, nama casserole digunakan untk menyebutkan hidangan itu sendiri bukan isinya. Casserole yg berasal dari negara ni lebih menyerupai sup kental / stew. Perbedaanya adlh setelah daging dan sayuran di tumis hingga kecoklatan di atas kompor kemudian masakan dimasukkan ke dlm wadah bersama dgn cairan (bisa kaldu / wine), wadah lantas ditutup dan dipanggang perlahan di dlm oven hingga matang, menghasilkan daging yg empuk dan juicy. Karena masakan tak langsung bersentuhan dgn panas maka mengurangi resiko makanan menjadi gosong.

Di US sendiri casserole disajikan dgn metode yg berbeda, khususnya di bagian midwest dan selatan, serta sebagian Kanada, yaitu dgn menggunakan sup kental khususnya sup krim jamur. Contoh casserole yg disiapkan dgn cara ni misalnya adlh casserole tuna (menggunakan tuna kalengan, pasta yg telah dimasak, terkadang kacang polong, dan sup krim jamur) dan casserole buncis (terbuat dari buncis yg dimasak dgn sup krim jamur dan kemudian diatasnya ditutup dgn bawang bombay goreng). Makanan sejenis lainnya seperti macaroni dgn keju (mac and cheese) jg sering disajikan sebagai casserole.

Spaghetti Casserole: Kenyang! Lezat! Puas
Biasanya bahan-bahan pembuat casserole terdiri atas potongan daging (seperti ayam) / ikan (misalnya tuna), aneka sayur yg dipotong, kemudian bahan pengental yg mengandung pati seperti tepung, kentang / pasta dan permukaan atas casserole ditutup dgn keju atau topping yg crunchy. Cairan untk mematangkan casserole biasanya diperoleh dari air yg keluar dari daging dan sayur selama proses pemasakan dan selanjutnya cairan lainnya dlm bentuk kaldu, wine, bir, gin, cuka / cider, / jus sayuran ditambahkan saat semua bahan casserole disusun. Makanan ni dimasak perlahan di dlm oven dlm kondisi tak ditutup. Biasanya casserole disajikan sebagai hidangan utama / makanan pendamping (side dish) dan disajikan langsung dari wadahnya.

Tipe casserole sendiri sangat bermacam-macam misalnya saja ragout, hotpot, cassoulet (casserole yg terbuat dari rebusan daging dari Prancis), tajine (rebusan daging, ikan dan sayuran dlm pot keramik dari Afrika Utara dan terkenal di Maroko dan Tunisia), moussaka (casserole yg berbahan dasar terung / kentang yg merupakan makanan populer di negara-negara Mediterania dan Balkan), lasagna, sheperd's pie dan gratin (hidangan dari Prancis yg terbuat dari kentang, seafood dan sayuran dimana permukaan atasnya ditutup dgn lapisan kering yg terbuat dari breadcrumbs, parutan keju, telur / mentega), timballo nasi / pasta (hidangan yg terbuat dari pasta / nasi yg dipanggang dgn kulit pastry sebagai lapisan luarnya).

Lasagna Meleleh a la Sintya: Super Mudah! Super Yummy!
Sheperd's Pie a la Gordon Ramsay

Spaghetti Casserole: Kenyang! Lezat! Puas
Kembali ke casserole yg kali ni saya posting. Anda bisa menggunakan spaghetti seperti yg saya pakai kali ini, / jenis pasta lainnya seperti macaronie, angel hair, / bahkan lembaran lasagna. Punya nasi sisa di rice cooker? Nah casserole nasi pun sama lezatnya dgn versi spaghettinya jadi jangan ragu-ragu untk mencobanya. Proses dasar membuatnya sebenarnya sama dgn lasagna yg pernah saya posting sebelumnya, bedanya adlh lembaran kulit lasagna diganti dgn rebusan spaghetti. Karena itu yg anda perlukan untk membuat casserole ni adlh rebusan spaghetti, tumisan daging (saya menggunakan ayam tapi anda bisa menggantikannya dgn daging sapi), saus putih / saus bechamel dan taburan keju yg banyak. Semua bahan yg telah dimasak terpisah itu cukup anda tata di pinggan tahan panas lapis demi lapis hingga semua bahan bis dan panggang di oven selama 20 menit saja, kemudian casserole siap disantap.

Spaghetti Casserole: Kenyang! Lezat! Puas
Saya membuatnya dlm porsi jumbo dan ketika pagi ni saya bawa ke kantor untk dicicipi beramai-ramai, semua rekan-rekan kantor mengatakan"Enak"! Kali ni tanpa ancaman dari saya. Spaghetti casserole tahan selama 3 hari di dlm chiller jadi bagi anda yg ingin membuatnya dlm partai besar maka tak perlu khawatir anda bisa menyantapnya dlm beberapa hari, cukup panaskan sebentar di oven / microwave. Bagi anda yg bertanya, "Apakah makanan ni bisa dikukus"? Maka jawaban saya adlh tentu saja bisa tetapi versi panggang menurut saya akan memberikan hasil, rasa dan tampilan yg jauh lebih lezat. Tidak ada yg lebih menggoda selain casserole yg permukaannya tampak kecoklatan dgn keju yg meleleh aduhai. Hmm, lagipula aroma keju yg terpanggang memang tak ada duanya bukan? ^_^

Berikut ni resep dan prosesnya ya!

Spaghetti Casserole: Kenyang! Lezat! Puas
Spaghetti CasseroleResep hasil modifikasi sendiri

Untuk 1 loyang casserole diameter 23 cm tinggi 7 cm

Tertarik dgn hidangan sejenis lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Lasagna Meleleh a la Sintya
Sheperd's Pie a la Gordon Ramsay
Cheesy Macaroni Schotel

Bahan: - 300 gram spaghetti kering (bisa menggunakan jenis pasta lainnya seperti makaroni pipa, spiral, angel hair, fettuccine) - 300 gram daging ayam cincang (bisa diganti dgn daging sapi / potongan sosis)
- 6 buah jamur champignon, rajang kasar (bisa diganti dgn jamur lainnya) - 1/2 kaleng kacang polong - 3 batang daun bawang rajang kasar
- 150 gram keju cheddar parut / keju mozarella parut kasar untk taburan

Note: anda bisa menggunakan aneka sayuran seperti brocoli, wortel, potongan kentang, kembang kol, buncis.

Bahan saus putih/bechamel sauce:
- 2 sendok makan mentega/margarine
- 2 sendok makan tepung terigu serba guna
- 500 ml susu cair
- 1 sendok teh merica hitam tumbuk halus
- 1/4 sendok teh garam
- 4 sendok makan keju cheddar parut
Bumbu saus daging: - 1 butir bawang bombay, cincang kasar - 4 siung bawang putih, cincang halus - 3 buah tomat merah, rebus sebentar, dan kupas kulitnya, cincang kasar
- 1 sendok teh cabai bubuk - 1 sendok teh oregano bubuk - 1/2 sendok teh basil bubuk - 1 sendok teh Italian seasonings / mixed herbs - 3 sendok makan saus spaghetti botolan - 2 sendok makantomato puree (pasta tomat) - 1 1/2 sendok makan gula pasir - 1 sendok teh kaldu bubuk (optional) - 1 1/2 sendok teh garam - 1 sendok teh merica hitam tumbuk kasar - minyak untk menumis

Cara membuat:Membuat saus putih/bechamel sauce

Spaghetti Casserole: Kenyang! Lezat! Puas
Siapkan panci kecil, panaskan mentega/margarine hingga meleleh. Masukkan tepung terigu, masak tepung dgn api kecil sambil diaduk-aduk hingga berwarna menjadi coklat kekuningan. Masukkan sedikit susu cair, aduk cepat hingga menjadi kental. Tambahkan kembali susu cair sedikit sambil terus diaduk hingga semua susu tercampur ke dlm adonan. Masak hingga adonan mendidih.

Spaghetti Casserole: Kenyang! Lezat! Puas
Masukkan merica bubuk, garam dan keju cheddar parut. Aduk rata hingga keju larut. Cicipi rasanya, sesuaikan garam. Matikan kompor. Sisihkan.
Note: Bagian mencampur susu dgn tepung merupakan poin penting, jangan mencampurkan susu secara sekaligus / dlm jumlah banyak, karena tepung akan bergerindil. Lakukan secara bertahap. Jika adonan bergerindil masukkan ke dlm blender / saringan kawat dan proses hingga halus.

Membuat tumisan daging:

Spaghetti Casserole: Kenyang! Lezat! Puas
Siapkan wajan, panaskan minyak. Tumis daging cincang hingga berubah warna tak pink lagi, aduk-aduk selama daging ditumis. Masukkan dua sendok makan minyak goreng, masukkan bawang bombay, aduk dan tumis hingga bawang menjadi layu dan matang. Tambahkan bawang putih, tumis hingga bawang harum, matang.

Spaghetti Casserole: Kenyang! Lezat! Puas
Masukkan jamur dan kacang polong kalengan, aduk rata dan masak hingga semua bahan layu dan matang. Tambahkan rajangan daun bawang, aduk rata. Masukkan potongan tomat, cabai bubuk, oregano, basil, Italian seasonings, saus spaghetti, puree tomat, gula pasir, garam, kaldu bubuk dan merica. Aduk rata.


Spaghetti Casserole: Kenyang! Lezat! Puas
Masak hingga semua bahan matang, biarkan jika tumisan berair, jangan memasaknya hingga air habis. Cicipi rasanya, sesuaikan gula dan garam. Angkat tumisan daging dari wajan.

Spaghetti Casserole: Kenyang! Lezat! Puas
Siapkan panci, beri air cukup banyak dan 1 sendok makan garam. Rebus hingga air mendidih. Masukkan spgahetti, biarkan hingga pasta menjadi lunak dan masuk sendiri ke dlm panci. Rebus hingga pasta menjadi setengah matang. Jangan merebusnya hingga terlalu lunak karena nantinya spaghetti akan di panggang hingga matang di oven.

Angkat spaghetti dan tiriskan airnya. Sisihkan.

Menata casserole:

Spaghetti Casserole: Kenyang! Lezat! Puas
Siapkan wadah untk memanggang casserole, anda bisa menggunakan pinggan tahan panas dari kaca seperti yg saya gunakan / loyang biasa / wadah alumunium foil. Tata setengah bagian pasta di dasar wadah. Sebarkan separuh tumisan daging di permukaan spaghetti diikuti dgn setengah bagian saus putih.

Taburkan sebagian keju parut di atas saus, jangan terlalu banyak karena sebagian besar keju parut akan kita tebarkan di permukaan casserole. Tata kembali spaghetti di atas keju, diikuti dgn tumisan daging dan saus putih. Terakhir tutup dgn parutan keju yg banyak di permukaannya.

Spaghetti Casserole: Kenyang! Lezat! Puas
Panggang casserole di dlm oven dgn suhu 180'C, hingga keju meleleh dan permukaan mulai terlihat kuning kecoklatan. Waktu sekitar 20 menit / tergantung oven anda. Casserole tak perlu dipanggang hingga kering karena proses panggang hanya untk membuat semua bahan menyatu, keju meleleh dan mematangkan spaghetti yg telah dimasak setengah matang.

Keluarkan dari oven dan santap selagi hangat. Super yummy!

Sources:
Wikipedia - Casserole

other source : http://justtryandtaste.com, http://slideshare.net, http://solopos.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini