[Masakan Manado] Kiwi - Strawberry Yogurt Popsicle - Es Lolipop Kiwi, Yogurt & Stroberi

Kiwi - Strawberry Yogurt Popsicle - Es Lolipop Kiwi, Yogurt & Stroberi
jonygoblog.blogspot.com - Sudah dua hari ni gas di rumah Pete habis. Agen gas langganan di dekat rumah yg biasanya selalu stand by setiap kali saya membutuhkan gas dan air mineral galon tak menjawab panggilan telepon dan ujungnya saya menemukan toko mereka tutup, mungkin sejak sebelum Lebaran. Hasil gerilya saya ke beberapa penjual gas jg berakhir mengecewakan, "Gas lagi susah didapat Mba". Akhirnya selama dua hari ni saya pun mengandalkan rice cookeruntuk merebus makanan. Untungnya stok sambel pecel masih segunung di kulkas jadi saya bisa menyantap bayam / kangkung rebus dgn guyuran sambel pecel yg sedap. Kalau dlm kondisi seperti ini, saya pun bersyukur jg terlahir dgn selera seperti kambing yg doyan dgn rerumputan hijau apapun. ^_^

Kiwi - Strawberry Yogurt Popsicle - Es Lolipop Kiwi, Yogurt & StroberiKiwi - Strawberry Yogurt Popsicle - Es Lolipop Kiwi, Yogurt & Stroberi
Tapi bagi seorang Endang, yg tangannya selalu gatal untk mengutak-atik sesuatu di dapur, memasak seperti jaman kuliah dgn hanya mengandalkan sebuah rice cooker terasa membosankan sekali. Tentu saja saya masih memiliki oven yg bisa saya berdayakan untk membuat sesuatu, tapi urusan baking akhir-akhir ni sepertinya sedikit mengalami kemunduran. Entah kenapa baru saja membayangkan urusan menimbang / mengocok adonan dgn mikser telah membuat mood saya drop. Jadi saya pun mulai mencari akal untk membuat sesuatu yg mudah, rasanya jg sedap dgn bahan-bahan yg tersedia di kulkas. Dan satu hal lagi, makanan tersebut tak perlu dimasak di atas kompor. Nah, resep es loli alias popsicle yg sudah lama ada di draft blog saya mulai menari-nari di benak. Saya masih punya sekotak stroberi beku di freezer, beberapa buah kiwi dan sewadah yogurt! Jadi sepertinya es loli kiwi, stroberi dan yogurt ni bisa saya segera wujudkan.

Kiwi - Strawberry Yogurt Popsicle - Es Lolipop Kiwi, Yogurt & Stroberi
Nah bagi anda yg memiliki krucil-krucil imut yg doyan ngemil maka es lolisegar ni bisa menjadi camilan sehat yg bisa anda berikan untk mereka. Jika anda tak memiliki cetakan popsicle seperti yg saya gunakan, masukkan saja yogurt ke dlm kantung-kantung plastik kecil dan bekukan di kulkas. Masih teringat dgn es kantung waktu masih di sekolah dasar kan? Ibu saya suka mengomel kalau menemukan kami pulang sekolah sambil menyeruput es kantung di mulut. "Jangan minum es kaya gitu. Bikin batuk saja"! Omelan Ibu sampai sekarang masih terngiang-ngiang di kepala karena Wiwin, adik saya jg sering meneriakkan kata-kata itu ke krucil-krucilnya. Nah tentu saja versi es kantung jenis ni lebih aman untk disantap dan rasanya jauh, jauh lebih sedap. Jadi saya rasa, alih-alih anda mengomel ke si abang / si adik untk stop makan es loli, anda justru akan membujuk mereka untk mencicipinya. ^_^

"I hate kiwi! Apakah ada buah lain yg bisa digunakan"???? Ah, saya sering kali mendapatkan komplain seperti ni dari pembaca, plus tanda tanya yg super banyak. Terkadang saya bertanya-tanya sendiri sambil menjawab satu per satu pertanyaan yg masuk, "Apakah satu tanda tanya saja tak cukup ya"? Saya tahu anda ingin memberikan tekanan pd pertanyaan, but please.... Untuk buah, anda bisa menggunakan buah apapun yg ada.Skip kiwi, dan gunakan hanya stroberi saja. Tentu saja takaran stroberi menjadi lebih banyak untk menggantikan porsi si kiwi. Nanas, mangga, melon, semangka, nangka, durian, leci, jambu biji merah, semua oke dan lezat. Tidak ada batasan buah dlm pembuatan popsicle ini. Mungkin anda justru akan menemukan kombinasi yg menantang. Err, misalnya perpaduan antara kedondong dan salak? Yeah, mengapa tidak!

Kiwi - Strawberry Yogurt Popsicle - Es Lolipop Kiwi, Yogurt & Stroberi
Kembali ke proses pembuatannya. Buah yg anda gunakan, dlm hal ni kiwi dan stroberi cukup anda potong kecil-kecil, rendam sebentar dgn gula. Saya menggunakan gula pasir yg saya blender hingga menjadi tepung. Anda bisa menggunakan gula pasir biasa, hanya saja pastikan gula lumer sebelum anda campurkan dgn yogurt. Setelah buah mengeluarkan jusnya, masukkan buah beserta jus ni ke food processor. "Bisa pakai blender nggak?" Bisa, tapifood processormasih menyisakan serpihan buahdibandingkan blender yg akan menghancurkan buah hingga halus. Jadi menurut saya hasil es loli anda akan lebih cantik jika anda menggunakan food processor. Tapi keduanya oke. Tidak ada food processor dan blender? Anda bisa melumatkan buah dgn bantuan sendok, cincang buah sekecil mungkin, setelah direndam dlm gula maka buah akan lunak dan berair yg akan memudahkan anda melumatkannya.

Tuangkan larutan jus buah ni ke dlm wadah, masukkan yogurt dan aduk hingga rata. Anda bisa jg menambahkan parutan kulit jeruk lemon untk membuat es loli menjadi lebih kaya akan rasa. Kreatifitas anda tak terbatas disini. Nah pd tahap ni saya yakin anda pasti tergoda untk menyicipi sesendok / dua sendok smoothie buah yg laziz ini, saya sendiri mengambil semangkuk kecil untk mengisi perut saya tadi malam. ^_^

Kiwi - Strawberry Yogurt Popsicle - Es Lolipop Kiwi, Yogurt & Stroberi
Siapkan cetakan es loli, masukkan larutan yogurt ke dalamnya dgn menggunakan sendok makan. Jangan mengisinya terlalu penuh, karena saat stik es masuk maka cairan akan meluber keluar. Masukkan stik es loli, cetakan popsicle saya telah dilengkapi dgn stik yg sekaligus menjadi penutup es. Jika cetakan anda tak dilengkapi stik, maka tentu saja anda harus menggunakan stik kayu untk es krim yg banyak dijual terpisah, tancapkan stik kayu ni dlm kondisi es setengah beku untk memastikan stik menancap dgn baik di tengah. Bekukan es loli di freezer selama semalam untk memastikan es benar-benar keras. Nah, ada bagian yg cukup sulit jika berurusan dgn cetakan es loli, yaitu melepaskan es dari cetakan kala telah beku. Anda bisa mendiamkan es selama beberapa menit untk membuatnya sedikit cair / jika anda termasuk orang yg tak sabaran seperti saya, maka anda bisa membasahi bagian luar cetakan dgn air panas dan tarik es dari cetakannya. Mudah!

Untuk rasanya, ah sedap! Berikut proses pembuatannya ya.

Kiwi - Strawberry Yogurt Popsicle - Es Lolipop Kiwi, Yogurt & Stroberi
Kiwi-Strawberry Yogurt Popsicle
Resep diadaptasikan dari web The Kitchn - Strawberry Yogurt Popsicle

Untuk 14 buah popsicle
Tertarik dgn resep es lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Kiwi Sorbet: Tanpa mesin pembuat ice cream
Fantastic Ice Cream: Homemade ice cream yg super duper mudah!
Es Krim Mangga

Bahan:- 200 gram stroberi, buang tangkainya dan cincang kasar, sekitar 15 buah
- 200 gram kiwi, sekitar 3 bua, kupas dan potong-potong - 150 gram gula bubuk, bisa pakai gula pasir biasa - 400 gram yogurt (1 pack yogurt)

Cara membuat:

Kiwi - Strawberry Yogurt Popsicle - Es Lolipop Kiwi, Yogurt & Stroberi
Siapkan mangkuk, masukkan stroberi, kiwi dan gula. Aduk rata dan diamkan selama 15 menit hingga stroberi layu dan gula menjadi lumer membentuk sirup. Aduk berulangkali hingga seluruh stoberi terlumuri oleh gula.

Kiwi - Strawberry Yogurt Popsicle - Es Lolipop Kiwi, Yogurt & Stroberi
Masukkan stroberi beserta air sirupnya ke dlm blender atau food processor dan proses hingga halus. Tuangkan jus ke mangkuk. Masukkan yogurt ke dlm jus stroberi, aduk hingga rata.

Kiwi - Strawberry Yogurt Popsicle - Es Lolipop Kiwi, Yogurt & Stroberi
Masukkan larutan yogurt dan buah ke dlm cetakan-cetakan popsicle. Jangan mengisinya hingga penuh karena ketika stik es masuk dan membeku, cairan akan meluber keluar cetakan. Bekukan ke dalam freezer hingga keras. Saya membekukannya selama semalam.

Kiwi - Strawberry Yogurt Popsicle - Es Lolipop Kiwi, Yogurt & Stroberi
Untuk melepaskan popsicle dari cetakannya, diamkan beberapa saat / basahi bagian luar cetakan dgn air panas hingga popsicle bisa terlepas dgn mudah.

Source:
Web The Kitchn - Strawberry Yogurt Popsicle

other source : http://justtryandtaste.com, http://okezone.com, http://reddit.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini