[Intermezo] Kimchi Jjigae - Sup Kimchi dengan Daging Sapi

Kimchi Jjigae - Sup Kimchi dengan Daging Sapi
jonygoblog.blogspot.com - Banyak cara menuju Roma, banyak cara pula untk memanfaatkan kimchi yg telah berhasil kita buat selain dgn menyantapnya begitu saja yaitu dgn mengolahnya menjadi aneka masakan lainnya. Beberapa waktu yg lalu saya membuat satu wadah besar kimchi sawi putih - untk resep kimchi anda bisa klik di postingan saya sebelumnya disini dan disini- kini rasa kimchi yg saya buat mulai terasa asam akibat proses fermentasi yg terjadi dan sepertinya waktu yg tepat untk membuat sup kimchi yg lezat ini. Nama jjigae mengacu pd masakan sejenis sup dgn kuah yg banyak dimana berbagai jenis bahan bisa dimasukkan ke dalamnya, jika menggunakan kimchi maka namanya menjadi kimchi jjigae. Bahan lainnya yg umum ditambahkan ke dlm sup ni adlh daun bawang, bawang bombay, tahu, daging dan seafood. Umumnya, daging dan seafooddimasak dlm sup terpisah. Untuk membuat kimchi jjigae ni dibutuhkan kimchi yg telah memiliki umur simpan yg lama karena selain memiliki rasa dan aroma yg lebih kuah jg memiliki kandungan bakteri baik yg lebih banyak.

Kimchi Jjigae - Sup Kimchi dengan Daging SapiKimchi Jjigae - Sup Kimchi dengan Daging Sapi

Proses pembuatannya sendiri sangat mudah, semua bahan cukup anda masukkan jadi satu dlm wajan cekung dan masak hingga matang. Bumbu yg dipergunakan tentu saja berbeda dgn sup yg kita kenal umumnya, untk membuat masakan ni anda membutuhkan bubuk cabai dan pasta cabai khas Korea. Untuk bahan yg terakhir ni anda bisa mendapatkannya di Korean / Japanese Supermarket, biasanya di kemas dlm container plastik berwarna merah menyala. Bentuknya berupa pasta pekat dgn warna merah, terasa pedas dan manis. Seperti yg pernah saya sebutkan sebelumnya, mengenai betapa gemarnya saya menumpuk bahan dan barang di rumah dan ujung-ujungnya bahan menjadi kedaluarsa. Demikian jg yg terjadi dgn pasta cabai yg saya beli tahun lalu! Ketika kemarin hendak saya gunakan membumbui kimchi jjigae, saya lihat masa kedaluarsanya telah berakhir bulan lalu, dan ketika saya buka bungkusnya pasta yg seharusnya berwarna merah membara kini tampak kehitaman. Dengan berat hati, saya pun melemparkannyake tempat sampah. Saya lantas menggantinya dgn saus sambal botolan ekstra pedas. ^_^

Kimchi Jjigae - Sup Kimchi dengan Daging Sapi
Umumnya kimchi jjigae menggunakan daging babi sebagai proteinnya, / jika menggunakan seafood maka jenis ikan tuna yg biasanya dipakai. Saya memilih menggunakan daging sapi yg saya iris tipis agar mudah empuk kala di rebus. Memerlukan waktu cukup lama dan satu liter air untk membuat daging menjadi nyaman untk dikunyah. Sup yg asam segar dan pedas ni memang lezat untk menemani semangkuk nasi putih pulen, apalagi dlm kondisi musim penghujan seperti ini. So yummy!

Ingin tahu resep dan prosesnya? Yuk kita lihat di bawah.

Kimchi Jjigae - Sup Kimchi dengan Daging Sapi
Kimchi Jjigae - Sup Kimchi dgn Daging Sapi Resep diadaptasikan dari web Maangchi.com - Kimchi Stew and Soybean Sprout Side Dish
Bahan:- 200 gram daging sapi, potong tipis- 500 gram kimchi, potong-potong sepanjang 2 cm
- 2 batang daun bawang, potong sepanjang 2 cm
- 1 buah tahuputih, iris tipis ukuran 3 x 2 cm
- 1 buah bawang bombay, iris melintang tipis
- 1 1/2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh cabai bubuk
- 1 sendok makan pasta cabai
- 1 sendok teh kaldu instan
- minyak wijen
- 1 liter air

Cara membuat:

Kimchi Jjigae - Sup Kimchi dengan Daging Sapi
Siapkan wajan cekung, masukkan 1 liter air, masak hingga mendidih. Tambahkan irisan daging dan masak hingga daging benar-benar empuk. Jika air habis dan daging belum empuk, tambahkan kembali air dan masak hingga daging benar-benar empuk.

Masukkan kimchi, bawang bombay, daun bawang, cabai bubuk, pasta cabai, dan gula pasir. Tambahkan air hingga semua bahan terendam.

Masak dgn api besar selama 10 menit kemudian ganti menjadi api sedang dan masak selama 15 menit hingga semua bahan matang.

Kimchi Jjigae - Sup Kimchi dengan Daging Sapi
Tambahkan irisan tahu, dan masak hingga semua bahan matang sekitar 5 menit. Angkat dan sajikan dgn menambahkan sedikit minyak wijen. Yummy!

Sources:
Web Maangchi.com - Kimchi Stew and Soybean Sprout Side Dish
Wikipedia - Kimchi jjigae

other source : http://justtryandtaste.com, http://imgur.com, http://merdeka.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini