[Unik] Negara-negara Herbal di Dunia

jonygoblog.blogspot.com - Badan kesehatan dunia (WHO) mendefinisikan obat tradisional sebagai obat asli di suatu negara yg digunakan secara turun-temurun di negara itu / negara lain. Obat tradisional harus memenuhi kriteria antara lain sudah digunakan minimal tiga generasi dan telah terbukti aman dan bermanfaat.

Bahan utama dlm obat tradisional adlh herbal. Secara umum ada beberapa negara utama di dunia yg menjadi gudangnya herbal.

1. Cina
WHO mencatat, 30-50 persen konsumsi kesehatan masyarakat di negara ni dialokasikan untk ramuan herbal. Sejak 5.000 tahun silam, nenek moyang bangsa Cina meramu obat untk mengatasi beragam penyakit.Catatan medis tertua ada dlm dua kitab kuno: Huang Di Nei Jing (Kitab Kaisar Kuning) dan Wai Tai Mi Yao (Resep Rahasia). Isinya cara menyembuhkan gangguan pencernaan, pernapasan, dan sistem reproduksi.
Negara-negara Herbal di DuniaNegara-negara Herbal di Dunia
Kitab tua yg paling terkenal adlh Kompendium Materia Media, yg diterbitkan pd tahun 1590. Buku yg ditulis oleh Li Shizhen dan diteruskan oleh Zhan Xueim ni memuat 1.892 zat medis yg berguna dlm dunia pengobatan. Dari kitab-kitab tua itulah Cina membangun peradaban herbalnya, yg sekarang sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Perkembangan pengobatan tradisional di negara ni relatif maju karena pemerintahnya mendukung penuh.

2. India
Ayurveda / ilmu tentang kehidupan adlh sistem holistik kuno untk mendiagnosis serta mengobati, sudah ada sejak 1.000 SM di India. Ayurveda mungkin merupakan sistem kedokteran tertua yg dikenal manusia.
Negara-negara Herbal di Dunia
Negara-negara Herbal di Dunia
Ayurveda mementingkan konsep keseimbangan energi, kesatuan tubuh, pikiran, dan roh. Ada 8 cabang ayurveda, yakni kayacikitsa (penyakit dalam), salyacikitsa (anatomi dan bedah), salakyacikitsa (penyakit THT dan mata), kaumarabhryta (tulang), bhutavidya (healing), aganda tantra (toksikologi), rasayana (rejuvenasi), vajikarana (afrodisiak untk laki-laki).

3. Korea
Pengobatan tradisional di negeri ginseng tak bisa dilepaskan dari pengaruh Cina dan India. Sistem pengobatan tradisional di Korea dikenal dgn nama Korean Oriental Medicine (KOM) / lebih populer dgn sebutan hangbang.
Negara-negara Herbal di Dunia
Negara-negara Herbal di Dunia
Walau mendapt pengaruh besar dari pengobatan Cina, tetapi hangbang mengembangkan teknik khusus yg bersifat khas. Teknik-teknik itu adlh aturan pengobatan sasang (sasang constitutional medicine), Saam Scupunture, Herbal Acupunture, dan Korean Hand Acupunture. Perkembangan KOM terlihat dari banyaknya sekolah lanjutan tinggi yg khusus mempelejarinya. Tak heran jika di Korea mudah dijumpai dokter dan apoteker khusus KOM.

4. Indonesia
Jika menyebut herbal, Indonesia adlh salah satu laboratorium tanaman obat terbesar di dunia. Sekitar 80 persen herbal dunia tumbuh di negeri ini. Indonesia memiliki sekitar 35 ribu jenis tumbuhan tingkat tinggi, 3.500 di antaranya dilaporkan sebagai tumbuhan obat.
Negara-negara Herbal di Dunia
Nenek moyang kita memanfaatkan flora kekayaan alam itu dgn cerdas. Dikenal istilah jamu untk menyebut ramuan dari tanaman obat. Jamu berasal dari bahasa Jawa Kuno, jampi / usodo. Artinya penyembuhan menggunakan ramuan, doa, dan ajian.
Negara-negara Herbal di Dunia
Pemanfaatan ramuan alam untk tujuan kesehatan sudah ada sejak ratusan tahun silam. Tabib dan pengobat tradisional meracik aneka jenis tanaman menjadi penawar. penyakit. Bukti-bukti pemakaian jamu di masa lalu bisa dilihat dari tulisan-tulisan di daun lontar, prasasti, dan relief candi.

other source : http://log.viva.co.id, http://dunia-terunik.blogspot.com, http://news.detik.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini