[Ikan Air Laut] Manisan Kulit Semangka - Daur ulang yuk!

Manisan Kulit Semangka - Daur ulang yuk!
jonygoblog.blogspot.com - Menurut saya, salah satu kegiatan yg paling menyenangkan adlh jika kita berhasil mengolah bahan / barang terbuang menjadi sesuatu yg lebih bermanfaat dan berharga. Nah jika anda suka dgn konsep daur ulang seperti yg saya sebutkan pd kalimat di depan maka postingan kali ni mungkin bisa menjadi satu bahan referensi yg tak kalah serunya. Bayangkan saja, kulit semangka yg selama ni selalu masuk ke tempat sampah setelah bagian dalamnya yg segar dan manis habis disikat ternyata bisa dimanfaatkan menjadi manisan semangka yg sedap. Caranya pun sangat mudah dan tak memerlukan proses ribet kala membuatnya. Yang anda perlukan hanyalah ketelatenan dan waktu yg cukup karena memang pekerjaan mengupas kulit yg keras cukup menyita tenaga. ^_^

Manisan Kulit Semangka - Daur ulang yuk!Manisan Kulit Semangka - Daur ulang yuk!
Ide membuat manisan ni sebenarnya datang dari keluarga Said, temanIran saya yg memang keluarganya memiliki segudang resep unik yg selain sedap jg mudah dibuat. Tak terhitung sudah berapa banyak resep masakan Persia yg saya pelajari darinya hingga rasa-rasanya saya pun siap untk membuka sebuah restoran a la Persia di Jakarta.Kegiatan mengawetkan sayuran dan buah-buahan menjadi acar (pickle), manisan dan selai bukan merupakan pekerjaan asing bagi keluarga besar Said. Mulai dari acar ketimun, kembang kol, wortel dan cabai yg terasa asam, asin, segar dan biasanya disantap sebagai teman makan nasi, hingga selai cherry dan torshi. Nah makanan yg terakhir yg saya sebutkan itu merupakan acar yg terbuat dari terung dan cabai hijau yg dimasak di dlm vinegar hingga menjadi lunak mirip seperti sambal hijau a la kita. Rasanya asam segar dan sangat sedap disantap sebagai kondimen kala menikmati nasi beserta lauk-pauknya, perannya mungkin sama seperti sambal di Indonesia ya. ^_^

Manisan Kulit Semangka - Daur ulang yuk!Manisan Kulit Semangka - Daur ulang yuk!
Sebenarnya sudah sejak lama Said bercerita mengenai manisan kulit semangka yg sering dibuat oleh Ibunya di Jerman, tapi baru ketika bulan puasa yg lalu saya menemukan momen yg tepat untk mewujudkannya. Nah berbekal dari resep detail dan step by step yg mudah, saya pun iseng mulai mengumpulkan kulit semangka yg daging buahnya telah habis dimakan. Awalnya agak sedikit ragu-ragu dgn rasa manisan kulit semangka ini, tapi rasa penasaran memang jauh lebih berkobar. Di resep aslinya manisan ni hanya menggunakan vanili saja sebagai penambah aroma, tapi untk resep yg saya tampilkan kali ni saya melakukan modifikasi. Menurut saya dgn tambahan sedikit air jeruk lemon dan parutan kulitnya akan membuat manisan terasa sedikit asam segar dan beraroma lebih menggiurkan. Jika anda kesulitan menemukan jeruk lemon karena terkadang jeruk ni suka menghilang dari peredaran, maka skip saja penggunaan parutan kulitnya dan ganti air jeruk lemon dgn air jeruk nipis.

Manisan Kulit Semangka - Daur ulang yuk!
Kulit semangka yg telah anda kumpulkan, perlu anda permak terlebih dahulu. Pertama-tama tentu saja dgn memotong-motongnya menjadi ukuran yg mudah untk disantap. Kemudian masing-masing potongan harus dibersihkan dgn mengiris bagian merah dan bagian kulitnya yg berwarna hijau dan keras, sehingga dihasilkan sepotong kulit semangka yg berwarna putih bersih. Bagian inilah yg akan kita gunakan sebagai bahan utama manisan. Kulit yg telahdicuci bersih bisa anda simpan di freezer, jika pd saat itu anda tak memiliki waktu untk memprosesnya lebih lanjut.

Kulit lantas di rebus bersama sedikit air hingga menjadi lunak, tandanya saat ujung garpu / ujung pisau anda tancapkan maka kulit semangka akan teriris dgn mudah. Nah saat itulah gula pasir yg cukup banyak perlu ditambahkan ke dlm rebusan dan dimasak hingga kuah menjadi habis dan kental serta kulit semangka menjadi transparan seperti jelly. Semakin banyak gula yg digunakan dan semakin kental kuah maka manisan akan semakin awet walau hanya disimpan di suhu ruang.

Manisan Kulit Semangka - Daur ulang yuk!
Manisan yg telah jadi seperti gambar yg saya sertakan di atas, cukup anda masukkan ke dlm toples bersih yg memiliki tutup rapat. Supaya manisan awet dan tak berjamur maka saya menyimpannya di dlm kulkas, walau Said sendiri mengatakan Ibunya biasanya hanya meletakkannya di meja dapur saja agar mudah disantap bersama roti / oatmeal. Tapi mengingat suhu Dortmund yg sejuk dibandingkan Jakarta yg super panas maka saran saya simpanlah manisan ni di dlm kulkas untk mencegah jamur / mikroba lain yg tak diinginkan tumbuh disana.

Manisan ni sedap dimakan begitu saja / biasanya disantap bersama roti panggang, corn flakes dan oats. Tertarik untk mencoba? Berikut prosesnya ya!

Manisan Kulit Semangka - Daur ulang yuk!
Manisan Kulit SemangkaResep dari keluarga Said Z.

Untuk sekitar 1 kg manisan semangka beserta airnya

Tertarik dgn resep manisan lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Manisan Belimbing Wuluh - Cara Segar Menyiasati Buahnya yg Super Asam!
Homemade Orange Marmalade
Manisan Kulit Jeruk - Candied Orange Peal

Bahan:- 700 gram - 1 kg kulit semangka yg sudah dibersihkan
- 300 ml air untk merebus - 500 - 700 gram gula pasir
- 1/2 sendok teh garam
- parutan kulit jeruk lemon dari 1 butir jeruk (optional)
- 2 buah jeruk lemon, ambil airnya (optional)
- 1/2 sendok teh vanili bubuk
Cara membuat:

Manisan Kulit Semangka - Daur ulang yuk!
Siapkan kulit semangka, potong-potong kulit dgn ukuran 2 x 2 cm. Iris dan buang bagian dlm kulit yg berwarna merah sehingga tak ada warna merah tersisa. Kemudian iris tipis dan buang kulit semangka yg hijau dan keras. Anda akan mendapatkan potongan kulit semangka berwarna putih, bersih dari bagian daging buah yg berwarna merah dan kulitnya yg keras.
Cuci bersih kulit semangka. Masukkan ke panci dan tambahkan air. Takaran air sebaiknya tak terlalu banyak karena fungsinya hanya membantu untk membuat kulit menjadi empuk.

Manisan Kulit Semangka - Daur ulang yuk!
Rebus dgn api sedang sambil sesekali diaduk hingga kulit semangka matang dan empuk. Tandanya ambil sepotong kulit dgn garpu jika garpu mudah masuk ketika ditusukkan maka kulit semangka dianggap telah cukup matang.

Tambahkan gula, garam, kulit jeruk lemon dan aduk hingga rata.

Manisan Kulit Semangka - Daur ulang yuk!
Masak kulit semangka dan gula dgn api kecil sambil sesekali diaduk-aduk. Kemudian tutup panci tempat merebus kulit dan masak hingga kuah manisan menjadi kental dan habis.

Manisan Kulit Semangka - Daur ulang yuk!
Manisan dianggap telah jadi ketika kuah mengental, menyusut dan kulit semangka berubah menjadi transparan. Masukkan air jeruk lemon dan vanili, aduk rata sebentar. Angkat. Ketika telah dingin masukkan manisan ke dlm toples yg memiliki tutup rapat dan simpan di kulkas.

Note: saya belum pernah mencoba menyimpannya di suhu ruang biasa sehingga tak bisa memberikan keterangan mengenai seberapa tahan manisan ni di suhu ruang.

Manisan siap disajikan! Yummy!

Komentar

Postingan populer dari blog ini