[Haji] Subhanallah.. Lelaki Ini Gendong Ayahnya Selama Berhaji

jonygoblog.blogspot.com - Kebaikan dan budi orang tua tak akan pernah bisa dibalas oleh seorang anak. Walau dgn cara menggendongnya saat berhaji, Demikian seperti yg telah disabdakan oleh Rasulullah SAW. Namun, bukan berarti menggendongnya waktu haji bukan sebuah pekerjaan yg mudah untk dilaksanakan.

Suatu ketika ada salah seorang sahabat yg ingin membalas kebaikan ibunya. Kemudian dia menggendong ibunya untk pergi haji. Ketika ibundanya bergerak sedikit saja, terlukalah kulit sang anak tersebut. Tapi dia selalu mengatakan, "Aku Ikhlas untk ibundaku".

Dia berjalan di bawah terik sinar mentari padang pasir hingga sampai di Ka'bah. Bahkan ketika thawaf pun, terus digendongnya ibunya penuh dgn kasih sayang. Meskipun harus tertatih dan terluka, dia ikhlas karena inilah yg bisa dilakukan untk ibundanya.

Kemudian dia bertanya kepada Rasulullah, "Ya Rasulullah, aku telah menggendong ibuku untk berthawaf dan berhaji. Apakah aku sudah bisa membalas jasa ibundaku? Rasulullah SAW menjawab, ketahuilah wahai anak muda. Apa yg sudah kamu lakukan itu belum mampu membalas setetes darah pun waktu ibumu melahirkanmu.

MasyaAllah.. Dari sabda nabi tersebut kita bisa mengambil hikmah, salah satunya adlh kenapa Nabi tak mengatakan walaupun kamu menggendong saat shalat / puasa?

Karena pd hakikatnya haji adlh ibadah yg paling berat daripada ibadah yg lain, karena selain dituntut istitho'ah, jamaah haji jg harus mempersiapkan segala sesuatunya dgn baik, secara lahir maupun batin. termasuk menjaga diri dari perbuatan fasiq, berbantah-bantahan dan perbuatan yg tak diperbolehkan dlm agama selama prosesi haji berlangsung.

Baru-baru ni dilansir dari laman Emirates 24/7, Salah satu lelaki Pakistan yg tak ingin disebutkan namanya tertangkap kamera sedang menggendong ayahnya yg lumpuh. Kejadian itu terungkap saat lelaki berusia sekitar 50 tahun itu melakukannya selama shalat Jumat di Arab Saudi.

Subhanallah.. Lelaki Ini Gendong Ayahnya Selama Berhaji
Seorang lelaki Pakistan yg tak ingin disebutkan namanya tertangkap kamera sedang menggendong ayahnya yg lumpuh untk berhaji.


Ia menceritakan ayahnya telah lumpuh sejak lama dan tak bisa lagi berjalan layaknya manusia pd umumnya. ayahnya sejak dulu bermimpi ingin menunaikan ibadah haji. tapi karena kondisi ekonomi dia harus menabung selama 15 tahun agar bisa mewujudkan keinginannya itu. Dia berjanji akan melakukan hal yg sama terhadap ayahnya (menggendongnya) saat beribadah haji nanti.

"Sebenarnya saya bisa mendorongnya dgn menggunakan kursi roda tetapi tak ada yg lebih nyaman dan enak saya / orangtua rasakan selain bahu saya" Kata lelaki tersebut.

Foto mengagumkan tersebut beredar di media sosial dan menuai pujian di sosial media seperti facebook dan Twitter. Mereka memuji perilaku anaknya yg shaleh tersebut, dan memuji ayahnya yg mampu mendidik anaknya dgn baik. Semoga kisah diatas mampu menginspirasi kita untk bisa membalas kebaikan dan budi orangtua. Walaupun kebaikan mereka tak akan pernah terbalaskan sampai kapanpun.

other source : http://viva.co.id, http://kabarmakkah.com, http://youtube.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini