[Haji] Rahasia Nabi Memerintahkan Padamkan Lampu di Malam Hari

jonygoblog.blogspot.com - Nabi Muhammad SAW memerintahkan kita untk mematikan lampu-lampu kala malam hari (ketika hendak tidur), dan setelah beberapa tahun dilakukan peneletian ilmiah modern tentang efek cahaya terhadap manusia dan lingkungannya, maka kajian itu mengatakan: Sungguh benar Nabinya kaum kaum Muslimin. Maka mematikan lampu di malam hari adlh salah satu bentuk mukjizat ilmiah Nabawiyah yg melindungi manusia dan lingkungannya dan pencemaran cahaya, yg muncul disebabkan cahaya yg berlebih, yg mengenai tubuh seseorang di malam hari.

Rahasia Nabi Memerintahkan Padamkan Lampu di Malam Hari

Hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam Tentang Masalah Ini

Nabi kita yg tercinta, Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam telah memperingatkan kita tentang bahaya lampu, apabila kita membiarkannya menyala ketika kita tidur. Dan peringatan dari Nabi tersebut terdapat dlm banyak riwayat, di antaranya ada yg disebutkan alasan dari peringatan tersebut, yaitu khawatir terjadi kebakaran, dan sebagiannya lagi tak disebutkan alasan dari perintah memadamkan lampu di malam hari, agar perintah tersebut berlaku umum, dan sebagai bentuk kasih sayang Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam kepada seluruh makhluk di tiap tempat dan zaman. Di antara hadits-hadts tersebut adlh sebagai berikut:

Riwayat-riwayat yg disebutkan di dalamnya alasan untk memadamkan lampu ketika hendak tidur di malam hari.

1. Dari Abu Musa radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: Pada suatu malam terjadi kebakaran di salah satu rumah penduduk di Madinah (ketika penghuninya tertidur). Lalu hal itu diceritakan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau bersabda: Sesungguhnya api ni adlh musuh kalian, karena itu apabila kalian hendak tidur, maka padamkanlah ia lebih dahulu. (HR. al-Bukhari)

2. Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhuma dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Tutuplah tempat air kalian, pintu rumah kalian, dan matikanlah lampu-lampu kalian, karena bisa jadi tikus akan menarik sumbu lampu sehingga mengakibatkan kebakaran yg menimpa para penghuni rumah. (HR. al-Bukhari)

3. Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersada: Tutuplah oleh kalian bejana-bejana, rapatkanlah tempat-tempat minuman, tutuplah pintu-pintu, dan matikanlah lampu, karena setan tak dpt membuka ikatan tempat minum, pintu, dan bejana. Jika kalian tak mendapatkan penutupnya kecuali dgn membentangkan sepotong batang kayu kecil di atas bejananya dan menyebut nama Allah, maka lakukanlah. Karena tikus dpt merusak pemilik rumah dgn membakar rumahnya. (HR. Muslim)

4. Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersada: Tutuplah oleh kalian pintu rumah, ikatlah kantong air tempat minuman, tutuplah bejana-bejana, dan matikanlah lampu, karena setan tak dpt membuka pintu terturup, melepas ikatan tempat minum, dan membuka bejana. Dan sesungguhnya tikus dpt merusak pemilik rumah dgn membakar rumahnya. (HR. imam Malik dlm al-Muwatha’ dan at-Tirmidzi dlm Sunan-nya dan dishahihkan oleh al-Albani rahimahumullah)

Dan masih ada lagi beberapa riwayat yg lain.

Riwayat-riwayat yg tak disebutkan di dalamnya alasan untk memadamkan lampu ketika hendak tidur di malam hari.

1. Dari Jabir bin ‘Abdullah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: Padamkanlah lampu-lampu di malam hari pd saat kalian tidur di malam hari, kuncilah pintu dan tutuplah bejana, makanan dan minuman. (HR. al-Bukhari)

2. Dari Jabir radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersada: Apabila malam telah datang (setelah matahari tenggelam), tahanlah anak-anak kalian (dari keluar rumah), karena setan bertebaran ketika itu. Apabila telah berlalu sesaat dari waktu ‘Isya biarkanlah mereka, tutuplah pintumu, dan matikanlah lampu serta sebutlah nama Allah (mengucapkan bismillah pen)... (HR. Al-Bukhari)

Penjelasan Hadits

Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah berkata di dlm Fathul Bari, menukil perkataan dari imam al-Qurthubi rahimahullah: Perintah dan larangan dlm hadits ni adlh bentuk bimbingan (pengarahan). Beliau mengatakan:’ Dan mungkin jg bermakna anjuran (sunnah)’ Dan imam Nawawi rahimahullah menegaskan bahwa hal itu adlh sebagai bimbingan, karena hal itu adlh untk kemaslahatan duniawi.’ Tapi dikomentari bahwasanya hal itu terkadang dpt mendatangkan maslahat secara agama, yaitu penjagaan terhadap jiwa yg haram untk dibunuh, dan penjagaan terhadap harta yg diharamkan untk dihambur-hamburkan.

Dalam hadits-hadits ni disebutkan bahwa seseorang jika tidur seorang diri, dan di dlm rumhanya ada api, maka wajib bagi dia untk memadamkannya sebelum tidur, / melakukan sesuatu yg membuatnya aman dari kebakaran. Demikian jg kalau di dlm rumah ada sekelompok orang, maka wajib atas sebagaian mereka (memadamkannya), dan yg paling berkewajiban adlh yg paling terakhir tidur.

Pandangan Ilmuwan Modern

Para ilmuwan saat ni berbicara tentang polusi cahaya pd malam hari, serta berbicara tentang bahaya terkena cahaya yg berlebih, terutama saat tidur.

Sebuah riset ilmiah terbaru menegaskan bahwa tetap menyalanya lampu pd saat tidur akan mempengaruhi proses biologis yg ada di dlm otak manusia, dan hal tersebut akan menyebabkan gangguan-gangguan yg mengakibatkan kegemukan. Oleh karena itu para ilmuwan berpesan agar kita senantiasa mematikan lampu pd malam hari dlm rangka memelihara kesehatan tubuh dan otak.

Dan pesan yg baru diketahui oleh para ilmuwan pd abad 21, telah disampaikan sebelumnya oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sejak 14 abad yg lalu. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda dlm hadits shahih: Padamkanlah lampu-lampu di malam hari pd saat kalian tidur di malam hari, kuncilah pintu dan tutuplah bejana, makanan dan minuman. (HR. al-Bukhari)

Ahli biologi Joan Robert mengungkapkan bahwa tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tak ada cahaya. Hormon melatonin ni adlh salah satu hormon kekebalan tubuh yg mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker payudara dan kanker prostat. Orang yg tidur dlm kondisi gelap, maka tubuhnya bisa memproduksi hormon ini.
Sebaliknya, tidur dgn lampu menyala di malam hari, sekecil apapun sinarnya menyebabkan produksi hormon melatonin akan berhenti.

Pentingnya tidur di malam hari dgn mematikan lampu jg diteliti oleh para ilmuwan dari Inggris.

Peneliti menemukan bahwa ketika cahaya dihidupkan pd malam hari, bisa memicu ekpresi berlebihan dari sel-sel yg dikaitkan dgn pembentukan sel kanker.

Sebuah konferensi tentang anak penderita leukimia yg diadakan di London jg menyatakan bahwa orang bisa menderita kanker akibat terlalu lama memakai lampu waktu tidur di malam hari dibandingkan dgn yg tak pernah memakai lampu waktu tidur.

Subhanallah... demikian luar biasa tuntunan Rasulullah. Setelah berabad-abad, hikmah medisnya baru terungkap. Wallahu a’lam bish shawab.

other source : http://wikipedia.org, http://twitter.com, http://kabarmakkah.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini