VARIETAS PADI UNGGULAN 58438

Varietas Padi Unggulan

Sebagai seorang petani menghasilkan panen yg maksimal adlh suatu kepuasan tersendiri, hal ni tak lepas dari benih varietas padi yg berkualitas apa bukan. Berikut saya uraikan jenis padi varietas unggulan yg bisa di tanam di areal persawahan anda.
  1. Varietas Padi Hibrida
    Padi ni jika di tanam hasilnya akan maksimal, tetapi jika benih keturunannya di tanam kembali maka hasilnya akan menurun, oleh sebab itu hanya sekali tanam saja. Jangan dibuat untk bibit lagi. Memang varietas ni dibuat hanya untk sekali tanam saja. Harganya pun sangat mahal satu kilo bisa mencapai 40 sampai dgn 60 ribu per kilonya.
    Jenis padi hibrida diantaranya : Intani 1 dan 2, PP1, H1, Bernas Prima, Rokan, SL8, dan 11 SHS, Segera Anak, Sembada B3, B5, B8 dan B9, Hipa4, Hipa 5 Ceva, Hipa6 Jete, Hipa7, Hipa8, Hipa9, Hipa10, dan lain lagi.
  2. Varietas Padi Unggul
    Adalah Varietas yg berkali kali ditanam dgn perlakuan yg baik. Hasil dari panen ni bisa dijadikan benih kembali. Ada petani yg menanam lebih dari 10 kali dgn hasil panen yg sama. Varietas ni biasanya disediakan oleh Menteri Pertanian yg dituangkan dlm sebuah Surat Keputusan (SK), dan varietas ni jg telah mencapai banyak uci coba. Harganya pun murah yakni mencapai 5 ribu sampai dgn 10 ribu per kilonya. Contoh jenis varietas padi unggulan adlh :
    Ciherang, IR-64, Mekongga, Cimelati, Cibogo, Cisadane, Situ Patenggang, Cigeulis, Ciliwung, Membramo, Sintanur, Jati Luhur, Fatmawati, Situbagendit dll.
  3. Varietas padi lokal
    Adalah varietas padi yg sudah lama beradaptasi di daerah tertentu. Sehingga padi ni memiliki spesifik lokasi daerah tersebut. Setiap varietas jg memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Contoh padi varietas lokal diantaranya: varietas kebo, darma ayu, pemuda idaman, gropak, ketan tawon, gundelan, merong (pasuruan), simenep, andel jaran, ketan lusi, ekor kuda (kulon progo- jogja), melti dan masih banyak lagi yg lainya.

source : http://paktani02.blogspot.com, http://hipwee.com, http://flickr.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini