MENGENAL MESOTHELIOMA DAN GEJALANYA 55525

Orang yg sering bekerja ditempat yg mengandung banyak zat berbahaya pasti akan terkena dampaknya. Walaupun hanya terdapat sedikit zat kimia apabila dihirup terus - menerus terntunya akan sangat berbahaya sekali bagi kesehatan. Contohnya saja orang yg sering bekerja dekat dgn serat asbes. Memang sih seointas tak apa - apa namun jika terus dibiarkan dan meraka kurang menjaga kesehatan, akibatnya kesehatan akan terganggu dan lebih parahnya lagi akan menyebabkan penyakit kanker yg dpt membunuh kapan saja.
MESOTHELIOMA
Mengenal Mesothelioma dan Gejalanya
Mesothelioma

Pengertian Mesothelioma
Mesothelioma adalah penyakit kanker ganas yg sangat jarang sekali dan hanya diderita oleh orang - orang tertentu. Kanker ni berkembang di sel - sel meshothelium, sedangkan meshothelium itu merupakan membran yg membentuk beberapa lapisan rongga tubuh contohnya saja seperti rongga dada, rongga perut, kantung jantung. Penyakit ganas ni paling sering didapati pd pekerja yg sering menghirup zat yg terdapat pd asbes.
Penyebab Mesothelioma
  • Sering sekali menemui asbes sehingga zat / debunya terhirup bahkan tertelan, Selain itu orang - orang sekitarnyapun bisa terkena dampaknya contohnya saja istri / anak yg sering mencuci pakaian suaminya yg bekerja dgn asbes jg bisa memicu kanker.
  • Lingkungan yg terdapat banyak zat erionite / sebuah zat zeolit mineral yg sangat mirip dgn serat asbes. jg mampu mengakibatkan penduduknya terkena penyakit Mesothelioma ganas.
  • Mesothelioma bisa disebabkan oleh asbes yg ada pd bangunan. DiInggris sendiri ada pelarangan menggunakan asbes karena zatnya cukup berbahaya.
Gejala Mesothelioma
  • Dada terasa sangat nyeri sekali
  • Sesak Nafas
  • Terjadi anemia / kekurangan sel darah merah
  • Sering merasa kelelahan
  • Suara menjadi sangat serak dan batuk - batuk
  • Bahkan ada jg yg mengalami batuk berdahak namun didalamnya terdapat darah
Macam - macam Mesothelioma
  1. Mesothelioma Epithelioid
  2. Mesothelioma Sarcomatoid
  3. Mesothelioma Biphasic
Diagnosis Mesothelioma
Jika anda salah seorang pekerja yg sering bersentuhan dgn asbes, dan mengalami gejala - gejala diatas maka anda harus segera kedokter dan mendiagnosis penyakit tersebut. ada beberapa cara mendiagnosis Mesothelioma antara lain
  • X-tray
  • Biopsi
  • Immunochemystri
Tahapan Penyebaran Mesothelioma Tahap I
Pada tahap pertama Mesothelioma kelenjar getah bening belum dlm keadaan terserang. Selain itu kankernya pun belum dlm keadaan yg sangat parah dan belum menyebar pd organ - orann serta jaringan - jaringan tubuh lainnya. Tahap II
Ketika Mesothelioma berada pd tahap yg kedua, Ukurannya membesar dan menyerang paru - paru. Bahkan kelenjar getah beningpun bisa ikut terkena juga. Ketika meothelioma berada pd tahap stadium 2 pasien masih bisa melakukan oprasi. Walaupun kemungkinan kankernya sudah menyebar keduabelah sisi pleura.
Tahap III
Pada tahap ni berarti kankernya sudah cukup parah dan sudah tak dpt melakukan oprasi / pembedahan pd pasien. Kerusakan akan terjadi pd daerah kelenjar getah bening, kerongkongan dan dinding dada.
Tahap IV
Ini adalah tahapan pd bagian akhir dlm artiankanker sudah menyerang pd beberapa daerah lainnya. Oprasi sudah tak akan ada gunanya lagi ketika anda sudah mencapai stadium akhir. Karena kanker bukan hanya menyebar pd daerah dada namun jg sudah menyebar keseluruh bagian yg jauh sekali dari tempat asal mula kanker itu tumbuh.
Pengobatan Mesothelioma
Kita sendiri sudah tahu untk saat ni kanker masih belum banya diketahui obatnya, namun ada beberapa alternatif pengobatan yg harus dijalani jika mengidap Mesothelioma antara lain
1. Bedah
Sebenarya melakukan oprasi bedah pd kanker lama - kelamaan menjadi kurang dipercaya karena tingkat keberhasilannya yg kecil. Terkadang walaupun berhasil sel kakkernya akan tumbuh lagi - tumbuh lagi. Bahkan orang yg melakukan pembedahan hanya mampu bertahan selama kurang dari 12 bulan / setahun.
2. Radiasi
Radiasi sering diberikan bersaan dgn kemoterapi. Dengan catatan penyakit tersebut masih mentolelir operasi radikal. Sehingga radioasi dpt dijadikan sebagi pengobatan konsolidatif pasca pembedahan.Melakukan kemoterapi dan radiasi disaat setelah melakukan pembedahan akan meningkatkan harapan hidup pasien. Namun efek samping nya sangat berat sekali dan sangat parah,
3. Kemoterapi
Kalau yg ni pasti anda jg sering mendengarnya kan diistilah film diseinetron sinetron. Kemoterapi merupakan pengobatan untk penyakit Mesothelioma yg sudah terbukti mampu meningkatkan kalangsungan hidup banyak pasien. Pasien yg awalnya hanya mampu bertahan kurang dari 12 bulan bisa bertahan hidup selama 13 bulan lebih.
masih banyak lagi cara pengobatan yg lainnya seperti
  • Clinical Trials
  • Terapi Multimodalitas
  • Heated Introaperative Intraperitoneal chemotherapy
Tapi kalian tahu sendirikan penyakit kanker sangat ganas sekali dan banyak sekali pasien yg meninggal dunia. Namun yg harus diingat kita tak boleh sekali -kali mendahului takdir tuhan dan memvinis diri kita sendiri tak akan sembuh dan akan mati. Cobalah untk terus berfikiran positif da jangan pernah menyerah. Karena siapa tahu saja tuhan memberaikan keajaibannya untk kita.Dan untk anda yg saat ni dlm kondisi sehat lakukanlah beberapa cara mencegah penyakit kanker, karena mencegah lebih baik dari pd mengobati.
Artikel mengebai Kanker Saluran Dada dan Penyebabnya selesai juga. Terima kasih anda sudah mau berkunjung diblog ini. Jangan pernah bosan ya untk membaca artikel disini karena tiap harinya akan menyajikan beberapa informasi baru tentunya. Jika menurut anda artikel ni bermanfaat silahkan bagikan kepada teman - teman anda.

source : http://twitter.com, http://inkesehatan.blogspot.com, http://lintas.me

Komentar

Postingan populer dari blog ini