CARA MENCEGAH BAHAYA KEBAKARAN AKIBAT KONSLETING LISTRIK

Banyaknya kebakaran yg terjadi sejak dahulu hingga saat ni adalah disebabkan oleh korsleting listrik.
Biasanya terjadinya korsleting listrik berasal dari keteledoran / kelalaian dari si pemakai listrik.
Untuk itu diperlukan informasi dan pengetahuan yg cukup agar peristiwa yg sangat merugikan dan mengerikan ni tak terjadi pd rumah ataupun property milik kita.
Kejadian kebakaran akibat korsleting listrik ni dpt terjadi kapan saja dan dimana saja dan pastinya menimbukan kerugian dan kerusakan yg sangat dlm bagi para pemilik bangunan bahkan tak jarang jg menimbulkan korban jiwa.
Berikut ni adalah beberapa tips yg dpt diterapkan untk mencegah terjadinya kebakaran akibat peristiwa korsleting listrik:
Cara mencegah bahaya kebakaran akibat konsleting listrik


1. Pemasangan instalasi rumah / bangunan
Percayakan pemasangan instalasi rumah/bangunan pd instalatir yg terdaftar sebagai anggota AKLI (Assosiasi Kontraktor Listrik Indonesia) dan terdaftar di PLN. Secara legal instalatir mempunyai tanggung jawab terhadap keamanan instalasi.
2. Jangan menumpuk steker / colokan listrik kebanyakan
Yang sering dilakukan adalah menumpuk steker / colokan listrik terlalu banyak pd satu tempat akibatnya sambungan seperti itu akan terus menerus menumpuk panas yg akhirnya dpt mengakibatkan korsleting listrik.
3. Jangan gunakan material listrik tak standard
Penggunaan material listrik sebaiknya dilihat dari mutu dan standarisasinya, bisa jadi harganya lebih mahal namun lebih terjamin mutunya.
Oleh karena itu jangan menggunakan material listrik sembarangan yg tak standar walaupun harganya murah namun pilih yg telah memiliki sertifikat Sistim Pengawasan Mutu (SPM) yg tertera pd produk tersebut.
Jika sering putus jangan menyambungnya dgn serabut kawat yg bukan fungsinya karena tiap sekring telah diukur kemampuan menerima beban tertentu.
4. Pemeriksaan rutin terhadap kondisi isolasi pembungkus kabel
Apabila ada isolasi yg terkupas / telah menipis agar segera dilakukan penggantian. Gantilah instalasi rumah/bangunan yg ada secara menyeluruh minimal lima tahun sekali dan pekerjaan pemeriksaan dan penggantian sebaiknya dilakukan oleh instalatir anggota AKLI dan terdaftar di PLN.
5. Gunakan jenis dan ukuran kabel sesuai peruntukan dan kapasitas hantar arusnya.
6. Matikan segera listrik dari kWh meter.
Bila terjadi kebakaran akibat korsleting listrik akibat pengaman Mini Circuit breaker (MCB) tak berfungsi dgn baik, matikan segera listrik dari kWh meter.
7. Jangan menyiram sumber kebakaran dgn air bila masih ada arus listrik.
Hubungan arus pendek / korsleting adalah kontak langsung antara kabel positif dan negatif yg biasanya dibarengi dgn percikan bunga api, dan bunga api inilah yg memicu kebakaran. PLN telah memasang MCB yg terpadu dgn kWh dan OA Kast yg berfungsi sebagai pembatas bila pemakaian beban melebihi kapasitas daya sekaligus sebagai pengaman bila terjadi hubungan arus pendek.
8. Hindari pemakaian listrik secara illegal karena disamping membahayakan keselamatan jiwa, tindakan itu jg tergolong tindak kejahatan yg dipidanakan.
Karena itu hati-hatilah terhadap bahaya kebakaran yg mengintai dan dpt terjadi kapan saja. Lebih baik lindungi rumah anda dan semua barang property anda dgn asuransi rumah / asuransi kebakaran / asuransi property agar ada rasa aman dan nyaman karena ada yg memberikan perlindungan ekstra bagi Anda.
Cara mencegah bahaya kebakaran akibat konsleting listrik 9 Tips Mencegah Bahaya Kebakaran Akibat Konsleting bahaya kebakaran akibat korsleting listrik Cara Menghemat Listrik PLN 9 Tips Mencegah Tips Mencegah Bahaya Kebakaran Akibat Konsleting Listrik Mencegah lebih baik daripada mengobati, pepatah tersebut berlaku pula pada listrik. Berita 9 Tips Mencegah Bahaya Kebakaran Akibat Konsleting Listrik Di bawah ini kami informasikan tips mencegah bahaya kebakaran akibat korsleting listrik 1.

Komentar

Postingan populer dari blog ini