10 HAL YANG MUNGKIN BELUM ANDA KETAHUI TENTANG JANTUNG 87854

10 Hal yang Mungkin Belum Anda Ketahui Tentang Jantung
jonygoblog.blogspot.com - Ilustrasi jantung (foto: Daily News Dig)

Jantung adlh organ penting yg berfungsi memompa darah lewat pembuluh darah ke bagian seluruh tubuh. Oleh karena itu beberapa orang yg menderita penyakit jantung suka meninggal secara mendadak. Sebab ketika jantung sudah tak berfungsi lagi, seluruh aliran darah dlm tubuh akan berhenti seketika.

Itu hanya salah satu fakta tentang jantung yg sudah banyak diketahui orang. Namun, apakah kamu yakin sudah tahu tentang jantung secara keseluruhan? Nah, berikut beberapa hal tentang jantung yg mungkin belum Anda ketahui, seperti dilansir ABC dan HowStuffWorks.

10. Jantung bukan hanya sekedar alat pompa

Jantung itu bukan hanya sekedar alat pompa biasa, melainkan alat pompa yg super canggih. Setiap bagian tubuh manusia membutuhkan oksigen untk bertahan hidup, dan jantung akan memompa darah yg kaya akan oksigen tiap detik, menit, dan hari.

Tekanan yg dihasilkannya pun benar-benar sangat kuat untk menyemprotkan darah hingga seluas tiga puluh kaki. Tergantung dgn apa yg Anda lakukan, jantung Anda akan memompa 1 sampai 7 galon darah per menit / 2.000 galon darah per hari. Selama hidup Anda, jantung Anda akan memompa sekitar satu juta barel darah, dlm kata lain seluruh darah Anda jika disatukan cukup untk mengisi dua mobil tanker besar.

9. Jantung pria dan wanita berbeda

Seorang ahli bedah jantung mengungkapkan bahwa permukaan jantung pria dan wanita memang identik sama, tetapi ada sedikit perbedaan.

Jantung seorang pria rata-rata memiliki berat 10 ons dan berat jantung seorang wanita rata-rata hanya mencapai 8 ons. Dari segi ukuran, perempuan memang memilki jantung yg lebih kecil dibandingkan dgn pria tetapi dari denyut jantung, wanita lebih unggul dgn 78 detak jantung per menit, sementara pria hanya 70 detak jantung per menit.

8. Warna jantung tak merah

Anda pasti tahu bahwa darah itu memiliki warna merah pekat, tetapi bukan berarti jantung yg pekerjaannya memompa darah memiliki warna merah pula. Jantung sendiri terlihat memiliki warna coklat kegelapan / nyaris sama dgn warna bata rumah. Selain itu, permukaan jantung memiliki simpanan lemak yg berlimpah sehingga permukaan hati tampak kekuningan.

7. Jantung dgn ukuran yg besar bukanlah jantung yg sehat

Mungkin banyak orang yg beranggapan bahwa dgn memiliki jantung yg besar berarti memiliki jantung yg sehat. Tetapi memiliki jantung yg lebih besar bisa sangat berbahaya.

Sebuah jantung yg sehat rata-rata memiliki berat kurang dari satu pon dan ukurannya jg seukuran dgn kepalan tangan. Karena jantung bekerja tiap menit selama Anda hidup, jantung diibaratkan seperti pelari marathon. Yang berarti jantung yg sehat itu memiliki ukuran yg ramping dan efesien.

6. Kedinginan bisa merusak jantung

Penyumbatan pd pembuluh darah dpt menyebabkan katup jantung bocor dan merusak jantung Anda. Tetapi kebanyakan orang tak tahu bahwa hal itu bisa jg disebabkan oleh virus flu yg pd umumnya muncul karena kedinginan.

Kondisi seperti itu disebut virus kardiomiopati. Sama dgn gejala pilek dan flu, jantung Anda jg bisa sembuh setelah virus tersebut pergi.

5. Letak jantung tak seperti yg Anda pikirkan

Ketika disuruh menunjukkan letak jantung, pasti sebagian besar orang akan menyentuh dada bagian kiri. Sebenarnya letak jantung tak sepenuhnya berada di bagian sisi kiri dada melainkan terletak agak sedikit ke kiri dari bagian tengah dada, tepat di belakang tulang dada.

Namun, mengapa ketika jantung berdetak rasanya itu seperti terletak di bagian kiri pusat? Bagian sisi kiri dari jantung Anda bertanggung jawab untk mendorong darah ke sudut terjauh dari tubuh Anda. Tetapi tak semua bagian jantung memberikan dorongan kuat kepada bagian-bagian tubuh, hanya bagian kiri jantung yg memberikan dorongan kuat sehingga detak jantung terasa berada di ujung kiri dada.

4. Tidak Selamanya Penyakit Jantung Itu Pembunuh Nomor Satu

Di Amerika Serikat kebanyakan orang yg meninggal dikarenakan penyakit jantung, begitupun dgn beberapa negara lainnya di seluruh penjuru dunia. Tapi tak selamanya penyakit jantung itu merupakan pembunuh nomor satu.

Pada tahun 1900, pneumonia, tuberkulosis, dan diare adlh tiga penyakit paling mematikan di Amerika kala itu, sementara penyakit jantung berada di urutan nomor empat.

Tetapi seiring berjalannya waktu, penyakit jantung bertanggung jawab atas kematian banyak orang di beberapa negara dan terus meningkat tiap tahunnya. Perkembangan teknologi dan pekerjaan yg berat jg telah dikaitkan sebagai penyebab meningkatnya penyakit jantung.

3. Jantung akan tetap berfungsi ketika dikeluarkan dari tubuh

Dalam salah satu adegan di film "Indiana Jones and the Temple of Doom" menunjukkan bahwa jantung tetap berfungsi ketika sudah dikeluarkan dari tubuh manusia. Hal seperti itu mungkin saja benar-benar bisa terjadi.

Jantung Anda memiliki sistem listrik sendiri yg menyebabkan jantung Anda terus berdetak selama masih menerima oksigen, bahkan jika itu terpisah dari tubuh Anda.

2. Jantung tak pernah kelelahan

Jantung mulai berdetak empat minggu setelah pembuahan dan tak akan pernah berhenti sampai meninggal. Setidaknya jantung akan berdetak sebanyak 100.000 kali dlm sehari dan hampir satu juta kali dlm seminggu.

Yang lebih menakjubkannya lagi, jantung tak pernah kelalahan meskipun kondisinya mulai melamah karena beberapa hal. Jantung terus berdetak meskipun Anda tanpa sadar telah menyakitinya.

1. Serangan jantung tak ditandai dgn nyeri dada

Meskipun gejala serangan jantung pd umumnya ditandai dgn sesak di dada / terasa berat, ada banyak presentasi lain yg menunjukkan bahwa serangan jantung bisa ditandai dgn mual, jantung berdebar, dan leher serta lengan terasa nyeri.

Beberapa penderita diabetes bahkan tak merasakan gejala serangan jantung. Kondisi seperti ni disebut serangan jantung 'diam-diam'.

source : http://www.wowmenariknya.com, http://tempo.co, http://slideshare.net

Komentar

Postingan populer dari blog ini