Apa Itu Meningitis ? Seberapa Bahayakah Meningitis ?

Apa Itu Meningitis ? Seberapa Bahayakah Meningitis ? Apa Itu Asam Lemak Trans Apa benar Asam lemak trans adalah lemak buatan yang berasal dari minyak nabati Jadi apa dan seberapa bahayakah Asam Lemak Trans itu, UNIK DAN ANEH: Apa Itu Meningitis Seberapa Bahayakah Meningitis Blog yang berisi tentang informasi unik dan menarik dan terupdate Seberapa Bahayakah Toksoplasma Bagi Wanita Hamil Apa itu Toksoplasma Apakah itu KEBAHAGIAANBang Aneh - Apa Itu Meningitis ? Seberapa Bahayakah Meningitis ? - Berita Sakitnya komedian Olga Syahputra satu minggu terakir ni santer memenuhi pemberitaan di televisi, Olga yg beberapa bulan yg lalu sakit sebelumnya kini harus mendapat perawatan lagi di Rumah Sakit. Dokter mendiagnosa sakit Olga lantaran terserang Meningitis. Lalu Apakah Meningitis itu ?Seberapa Bahayakah Meningitis bagi manusia ?.

Apa Itu Meningitis ? Seberapa Bahayakah Meningitis ?
Meningitis merupakan infeksi pd selaput otak yg di barengi radang membran pelindung yg menyelubungi otak dan sumsum tulang belakang, yg mana keseluruhan tersebut di sebut meningen. Bahayanya adalah Apabila Meningitis telah masuk stadium terminal dan tak ditangani segera, maka adanya resiko kematianlah yg akan terjadi dlm waktu kurang lebih 3 pekan.

Meningitis itu sendiri di golongkan menjadi dua yaitu meningitis serosa dan meningitis purulenta.
  • Meningitis serosa : Radang selaput otak araknoid dan piameter yg disertai cairan otak yg jernih. Penyebab yg paling sering dijumpai adalah kuman Tuberculosis dan virus
  • Meningitis purulenta : Radang yg bersifat akut yg menimbulkan eksudasi berupa pus, disebabkan oleh kuman non spesifik dan non virus.
Penularan Meningitis:
"Penularan kuman dpt terjadi secara kontak langsung dgn penderita dan droplet infection yaitu terkena percikan ludah, dahak, ingus, cairan bersin dan cairan tenggorok penderita.

Nah, Terjadinya pertukaran pertukaran Bakteri ni disebarkan pd orang lain melalui udara diantaranya adalah pernafasan jg sekresi-sekresi tenggorokan. Pada akhirnya masuk ke dlm aliran darah dan di teruskan ke dlm cairan serebrospinal. Pada akhirnya bakteri itu memperbanyak diri didalamnya, sehingga memaksa peradangan selaput otak dan otak itu sendiri.

Meningitis Tuberkulosa Terdiri dari 3 stadium
1. Stadium 1 / stadium prodormal selama 2-3 minggu dgn gejala ringan dan tampak seperti gejala infeksi biasa. Pada anak-anak, permulaan penyakit bersifat subakut, sering tanpa demam, muntah-muntah, nafsu makan berkurang, murung, berat badan turun, mudah tersinggung, cengeng, opstipasi, pola tidur terganggu dan gangguan kesadaran berupa apatis. Pada orang dewasa terdapat panas yg hilang timbul, nyeri kepala, konstipasi, kurang nafsu makan, fotofobia, nyeri punggung, halusinasi, dan sangat gelisah.

2. Stadium 2 / stadium transisi berlangsung selama 1 – 3 minggu dgn gejala penyakit lebih berat di mana pasien mengalami nyeri kepala yg hebat dan kadang disertai kejang terutama pd bayi dan anak-anak. Tanda-tanda rangsangan meningeal mulai nyata, seluruh tubuh dpt menjadi kaku, terdapat tanda-tanda peningkatan intrakranial, ubun-ubun menonjol dan muntah lebih hebat.

3. Stadium 3 / stadium terminal ditandai dgn kelumpuhan dan gangguan kesadaran sampai koma. Pada stadium ni penderita dpt meninggal dunia dlm waktu tiga minggu bila tak mendapat pengobatan sebagaimana mestinya.

Nah, Demikianlah pengertian dari penyakit Meningitis dan jg bahayanya, kenali penyakit meningitis secara dini, jangan abaikan tiap penyakit yg kelihatanya ringan. Semoga artikel saya berikut inibermanfaat bagi kita semua. | Baca Juga: Apakah Manfaat Minum Susu Secara Rutin ? Ini Jawabnya

source : http://merdeka.com, http://reddit.com, http://banganeh.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini