Cara Bagi Wanita Haid Yang Tidak Pernah Mengqadha Puasanya

Cara Membayar Puasa Bagi Yang Tidak Mampu OPINI 22 July 2012 lsquo Kenapa wanita haid mengqadha puasanya tapi tidak mengqadha shalatnya yang luput ketika haid IMAM TANTOWI , adalah nama Asli pendiri blog ini,Anak biasa saja yang mencintai kesederhanaan yang hanya mengeyam pendidikan rendah , tapi dalam dirinya slalu Larangan bagi wanita haid, yang wanita yang haid diharuskan mengqodho rsquo puasanya ldquo Kenapa gerangan wanita yang haid mengqadha rsquo puasa dan tidak mengqadha
Cara Bagi Wanita Haid Yang Tidak Pernah Mengqadha Puasanya
Saudara perempuan saya dalam kurun waktu bertahun-tahun tidak pernah meng-qadha puasa yg ditinggalkannya karena sebab tamu bulanan (haid). Hal itu dikarenakan ia jahil (tidak tahu) terhadap hukum meng-qadha puasa. Lebih lagi banyak wanita dari kalangan orang awam berkata kepadanya bahwa ia tidak perlu meng-qadha. Bagaimana solusinya?
Jawab:

Ia wajib istighfar kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya. Dan ia wajib berpuasa sebanyak hari yg ia tinggalkan ditambah memberi makan satu orang miskin setiap harinya, sebagaimana difatwakan oleh oleh sebagaian sahabat Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam. Memberi makan sebanyak setengah sha, sekitar 1,5 kilogram. Kewajiban ini tidak gugur darinya hanya karena perkataan wanita-wanita awam terhadapnya bahwa tidak perlu meng-qadha. ’Aisyah radhiallahu’anha berkata:

كنا نؤمر بقضاء الصوم ولا نؤمر بقضاء الصلاة
“Kami diperintahkan untuk meng-qadha puasa dan tidak diperintahkan untuk meng-qadha shalat” (Muttafaqun ‘alaihi)
Jika datang Ramadhan dan ia belum meng-qadha maka ia berdosa. Maka ia wajib untuk meng-qadha dan bertaubat serta memberi makan satu orang miskin untuk setiap hari yg ditinggalkan, jika ia mampu. Jika ia faqir tidak mampu memberi makan (fidyah), maka sudah cukup baginya meng-qadha puasa dan bertaubat. Gugur darinya kewajiban membayar fidyah. Jika ia tidak mengetahui hitungan hari yg ditinggalkannya, hendaknya ia memperkirakannya lalu berpuasa sebanyak hari yg menurut perkiraannya itu hari puasa yg ia tinggalkan, ini sudah mencukupi baginya. Berdasarkan firman Allah Ta’ala:

فَاتَّÙ‚ُوا اللَّÙ‡َ Ù…َا اسْتَØ·َعْتُÙ…
“Bertaqwalah kepada Allah semampu kalian” (QS. At Taghabun: 16)
Salah satu bentuk rahmah Allah adalah tidak diwajibkannya wanita haid untuk meng-qadha shalat, karena dgn meng-qadha nya akan menjadi masyaqqah (kesulitan). Dan kepada orang yg sakit hendaknya mereka bersemangat untuk menegakkan shalat sesuai kemampuannya walaupun ia harus shalat dgn pakaian yg terkena najis ketika tidak memiliki pakaian yg suci. Ia juga bisa shalat dgn ber-tayammum jika tidak mampu untuk wudhu dgn air, berdasarkan ayat yg barusan disebutkan, yaitu ayat (yang artinya) “bertaqwalah kepada Allah semampu kalian“. Orang sakit pun boleh shalat tidak menghadap kiblat jika memang tidak mampu menghadapkan diri ke kiblat, ia juga boleh shalat semampunya dgn berdiri atau duduk ataupun sambil berbaring ataupun telentang. Berdasarkan sabda Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam kepada Imran bin Hushain yg sedang sakit:

صل قائماً فإن لم تستطع فقاعداً، فإن لم تستطع فعلى جنب، فإن لم تستطع فمستلقياً
“Shalatlah sambil berdiri, jika tidak mampu maka sambil duduk, jika tidak mampu maka sambil berbaring, jika tidak mampu maka sambil telentang” (HR. Al Bukhari dalam Shahih-nya, An Nasa-i dalam Sunan-nya. Ini lafadz An Nasa-i)
Kecuali jika orang yg sakit itu hilang akalnya, maka tidak ada kewajiban qadha baginya, berdasarkan sabda Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam:

رُفع القلم عن ثلاثة: عن النائم حتى يستيقظ، وعن المجنون حتى يفيق، وعن الصغير حتى يبلغ
“Pena diangkat dari 3 jenis orang: orang yg tidur sampai ia bangun, orang yg gila sampai ia waras, anak kecil sampai ia baligh” (HR. Ahmad 896, Ibnu Majah 2031, Abu Daud 3825)
Namun jika hilang akalnya hanya 2-3 hari karena sakit lalu kemudian ia sadar maka ia tetap wajib qadha karena keadaannya tersebut semisal dgn orang tidur. Wallahu Waliyyut Taufiq.

(Fatwa Syaikh Abdul Aziz Bin Baz)Artikel Muslimah.Or.Id
Penerjemah: Yulian Purnama

SEO: Download Free software,Learn Photoshop,Free Engineering Notes, TheInfiniteInfo,pb prakash

Komentar

Postingan populer dari blog ini